Rabu , 1 Februari 2023
Home / KAPUAS HULU / Rumah Sakit Putussibau Butuh 2.437 Kantong Darah Pertahun

Rumah Sakit Putussibau Butuh 2.437 Kantong Darah Pertahun

2.437 Kantong Darah Pertahun

KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu Mohd Zaini menyampaikan bahwa kebutuhan darah yang diperlukan oleh RSUD dr Ahmad Diponegoro Putussibau dalam setahun mencapai 2.437 kantong.

“Sedangkan jumlah orang yang sudah mendonorkan darah dalam setahun ini sebanyak 1.394. Sehingga kekurangan darah yang kita butuhkan sebesar 1.033 kantong, ” katanya di acara Donor Darah Serentak yang digelar PKK dalam peringatan HUT Pemprov Kalbar ke 66 di Rumah Dinas Bupati Kapuas Hulu, Rabu (25/01/2023).

Sekda mengatakan, banyaknya kekurangan darah ini dikarenakan banyaknya calon pendonor belum memenuhi syarat untuk menjadi pendonor. Selain itu kendala lainnya adalah kurangnya kantong darah yang tersedia untuk menyimpan darah jika ada pendonor.

“Untuk kegiatan donor darah serentak yang digelar oleh TP PKK Kapuas Hulu hari ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan dapat membantu hal-hal yang menjadi permasalahan di rumah sakit Putussibau, khususnya masyarakat yang sangat membutuhkan, ” ujarnya.

Seksa mengatakan, saat ini sering didengar di rumah sakit Putussibau banyak pasien-pasien yang gawat datang dari kecamatan memerlukan donor darah, sementara golongan darah yang diperlukan pasien yang bersangkutan tidak tidak bisa segera diberikan karena golongan darah yang diperlukan pasien yang bersangkutan tidak tersedia.

“Untuk itu kegiatan donor darah ini bukanlah kegiatan seremonial belakang, tapi lebih dari itu hendaknya dimaknai bahwa setia tetes darah dari kita sangat berarti bagi orang lain, ” ujar Sekda.

Sementara Via Oktaria Wakil Ketua PKK Kabupaten Kapuas Hulu menyampaikan, bahwa kegiatan donor darah yang dilaksanakan ini secara serentak di 14 Kabupaten Kota untuk memperingati HUT ke 66 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Selain donor darah, TP PKK Kapuas Hulu melaksanakan kegiatan skrining penyakit tidak menular, bekerja sama dengan dinas kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu.

” Peserta kegiatan donor darah ini ditargetkan sebanyak 150 orang yang terdiri dari masyarakat, PNS, TNI-Polri dan lainnya, ” ujarnya.
Via mengucapkan terimakasih kepada Pemda Kapuas Hulu serta PMI yang telah mendukung sehingga TP PKK Kapuas Hulu dapat melaksanakan kegiatan donor darah serentak pada hari ini.

“Penghargaan dan terimakasih kami ucapkan kepada pendonor darah. Semoga apa yang telah kita laksanakan pada hari ini mendapatkan keberkahan, ” pungkasnya. (Dul)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Data Kemenkes dan Dinkes Berbeda Soal Persentase Stunting, Wabup Ontot: Jangan Buat Kita Ini Kocar-Kacir

  KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Data jumlah persentase stunting di Kabupaten Sanggau rupanya tidak tunggal. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *