Senin , 6 Februari 2023
Home / KAPUAS HULU / Ketua PIPAS Kalbar Kunjungi Rutan Putussibau

Ketua PIPAS Kalbar Kunjungi Rutan Putussibau

Ketua PIPAS Kalbar saat melakukan kunjungan ke Rutan Putussibau.

 

KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU- Dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Paguyuban Ibu-ibu Pemasyarakatan (PIPAS), Ketua PIPAS Kalbar Ika Yusanti bersama pengurus PIPAS lainnya melakukan kunjungan kasih ke Rutan Klas IIB Putussibau, Jumat (20/01/2023).
Kedatangan Ketua PIPAS Kalbar tersebut disambut langsung Ketua Rutan Putussibau Efendi Johan.

Dalam kunjungan ke Rutan Putussibau, Ika Yusanti yang juga sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalbar ini juga mengecek blok Warga Binaan Rutan (WBP) Rutan Putussibau.

“Jadi ini kunjungan kasih, salah satu rangkaian kegiatan dari HUT PIPAS ke-19. Ini bentuk amanah dari ibu Ketua Penasihat Utama PIPAS Ana Reinhard Silitonga, ” katanya.

Ika mengatakan, kunjungan yang dilakukan ini meskipun jaraknya jauh, namun mereka ini adalah keluarga besar pemasyarakatan.
“Dengan keluarga besar ini kita sama-sama harus dijalin kekeluargaan dan kekompakan sehingga bisa mendukung tugas dan fungsi permasyakatan, ” jelasnya.

Ika mengatakan, dirinya juga melakukan pengecekan terhadap blok WBP. Blok yang dikunjungi tersebut merupakan blok percontohan, memang banyak yang sudah dilakukan Kepala Rutan Putussibau yang baru dalam menata Rutan Putussibau.

“Supaya blok hunian itu menjadi lebih bersih, indah sehat sehingga perlu ditata ulang kembali bagaimana warnanya dan lainnya. Supaya WBP ini menjalankan masa pidananya bisa aman, nyaman dan aktif melaksanakan program kegiatan Rutan Putussibau, ” jelasnya.

Ika mengaku sudah tiga kali melakukan kunjungan ke Rutan Putussibau, dirinya melihat sudah banyak kemajuan di Rutan Putussibau ini.

“Yang perlu ditingkatkan di Rutan Putussibau ini adalah program pembinaan yakni pembinaan secara kemandirian dan kepribadian, ” ujarnya.

BACA JUGA: Pendeta se-Kabupaten Landak Puji Kepemimpinan Karolin

BACA JUGA: Lomba Sampan Bidar di Selimbau Resmi Ditutup Bupati Kapuas Hulu

Ika pun berharap kepada Kepala Rutan Putussibau yang baru ini dapat meningkatkan sinergitas dengan stakeholder, instansi pemerintah, APH dan lainnya. “Karena kita juga tidak bisa bekerja sendiri dan membutuhkan dukungan dari pihak lain, ” ucapnya.

Sementara Efendi Johan Kepala Rutan Putussibau mengucapkan terimakasih atas kunjungan Ketua PIPAS Kalbar sekaligus Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalbar.

“Perlu kami sampaikan jumlah WBP Rutan Putussibau berjumlah 98 orang. WBP disini semua rajin sekali, tidak pernah melanggar perintah, ” katanya.

Efendi mengatakan, dirinya belum lama bertugas di Rutan Putussibau ini, tentunya dirinya ingin memperbaiki kondisi Rutan Putussibau.
“Kita ingin Rutan Putussibau ini selalu dikenal diluar dengan kegiatan positifnya,” pungkasnya. (Dul)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Bupati Paolus Hadi Ajak Masyarakat Sanggau Ikut Jumat Bersih

  KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Persolan penumpukan sampah di sejumlah titik di Kota Sanggau tak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *