Senin , 6 Februari 2023
Home / LANDAK / Karolin Ingin Petani Lebih Untung Dengan Memakai Bahan Organik Untuk Berantas Hama

Karolin Ingin Petani Lebih Untung Dengan Memakai Bahan Organik Untuk Berantas Hama

Karolin Margret Natasa

KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Landak kembali memberikan sosialisasi tentang pengendalian hama terpadu dan penyakit tanaman pangan kepada petani Kecamatan Sengah Temila yang bertempat di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sengah Temila dan kepada petani Kecamatan Mandor bertempat di BPP Kecamatan Mandor, rabu (07/12/22).

Ketua HKTI Kabupaten Landak Karolin Margret Natasa yang membuka langsung kegiatan pengendalian hama terpadu dan penyakit tanaman pangan serta memberikan buku saku pengendalian hama terpadu kepada para petani sehingga mereka bisa mengetahui jenis-jenis hama yang ada.

“Dengan buku saku ini, para petani bisa belajar mengenai jenis-jenis hama apa saja yang ada di sawah mereka serta bisa memberikan ilmu ini kepada petani yang lain juga. Pengendalian hama terpadu ini merupakan kegiatan yang pertama kali kita laksanakan di Kabupaten Landak karena selain peningkatan produktivitas yang tidak kalah penting adalah kita bisa meminimalisir terjadinya gagal panen akibat hama,” ucap Karolin.

Karolin menjelaskan bahwa saat ini petani masih menggunakan pestisida atau pembasmi hama dengan bahan-bahan kimia, namun dirinya mengajak para petani dapat beralih pada bahan-bahan organik dimana bahannya tersebut mudah di dapatkan.

“Untuk bahan-bahan pembuat racun hama organik ini juga tidak susah mencarinya dan ada disekitar tempat tinggal kita, seperti daun sirsak, tembakau, bawang putih, daun serai dan tanaman ataupun buah-buahan yang bisa menjadi racun hama. Tetapi jika para petani sering menggunakan bahan-bahan kimia dan tidak sesuai dosis, maka juga membahayakan kesehatan para petani,” jelas Karolin.

Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa menambahkan penggunaan bahan organik juga dapat memberikan hasil yang baik juga untuk kesehatan tubuh, serta kualitas yang dihasilkan juga lebih berkualitas.

“Jika kita menggunakan bahan-bahan organik ini selain murah meriah hasilnya juga baik untuk kesehatan dan yang terpenting bisa menghemat pengeluaran biaya produksi para petani, Saya berharap para petani bisa beralih menggunakan bahan-bahan organik,” pesan Karolin. (Ril)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Bupati Paolus Hadi Ajak Masyarakat Sanggau Ikut Jumat Bersih

  KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Persolan penumpukan sampah di sejumlah titik di Kota Sanggau tak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *