Rabu , 1 Februari 2023
Home / LANDAK / Perkuat Misi Kemanusiaan, PMI Landak Dan Unika Hippo Targetkan Kampus Punya Duta PMI Dan Tim SAR

Perkuat Misi Kemanusiaan, PMI Landak Dan Unika Hippo Targetkan Kampus Punya Duta PMI Dan Tim SAR

Karolin Margret Natasa

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Landak terus berupaya memberikan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat Kabupaten Landak dengan menjalin seluruh stakeholder yang ada baik Pemerintah Kabupaten Landak, Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda, Pihak Swasta, Perbankan dan Perguruan Tinggi.

Hal ini dibuktikan dengan adanya penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Ketua PMI Kabupaten Landak Karolin Margret Natasa dengan Rektor Universitas Katolik (Unika) Santo Agustinus Hippo Pastor Mingdry Hanafi Tjipto dalam upaya menjalin kerjasama pada misi kemanusiaan yang bertempat di Kampus Utama Unika Hippo, Desa Amboyo Utara, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, senin (07/11/22).

Ketua PMI Kabupaten Landak Karolin Margret Natasa mengatakan bahwa MoU tersebut merupakan tindak lanjut dan respon yang cepat dari Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo sehingga dapat terwujudnya kegiatan sosial yagn dilakukan secara bergotong royong.

“Berdasarkan Undang-undang Nomor 01 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan, PMI selain bertanggung jawab dan mengelola darah di Republik Indonesia, kita juga memiliki tugas dan fungsi untuk kebencanaan. Oleh karena itu, jika nanti di Kampus ini ada dibentuk Tim SAR, kita juga bisa berkolaborasi, kemudian kita juga bisa menyiapkan tim tanggap bencana yang akan bergandengan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Saya kira banyak hal yang dapat kita kerjasamakan selain dari pada kegiatan donor darah,” kata Karolin.

Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa juga berharap agar melalui perjanjian kerjasama ini, kedepan Unika Hippo dapat melaksanakan kegiatan donor darah secara rutin dalam upaya memberikan pelayanan sosial dan kemanusiaan yang baik di Kabupaten Landak.

“harapan saya dengan adanya MoU ini paling tidak tiga bulan sekali kita bisa melaksanakan kegiatan donor darah di kampus ini sebagai sebuah kegiatan yang rutin selain dari pada kita membantu sesama yang membutuhkan, juga untuk membina mentalitas dan semangat dalam rela berkorban untuk mahasiswa yang ada di Universitas ini. Mudah-mudahan ini adalah awal yang baik untuk kita semua dalam rangka melayani sesama di Kabupaten Landak yang lebih baik lagi,” harap Karolin.

Hal senada juga disampaikan Rektor Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo Pastor Mingdry Hanafi Tjipto yang menjelaskan bahwa sangat mendukung kerjasama dengan PMI Kabupaten Landak dan kedepan juga akan membentuk duta PMI di Kampus dalam upaya mensosialisasikan pentingnya donor darah.

“Kami mungkin akan mencoba, salah satunya adanya Duta PMI di Kampus agar teman-teman mahasiswa bisa berdialong dengan temannya sehingga dapat mensosialisasikan pentingnya donor darah bagi kesehatan diri sendiri sehingga mereka bisa mulai bisa mau berbagi untuk kesehatan dirinya dan kesehatan dari masyarakat landak. Dan harapannya para dosen dan staf juga bisa memberikan pengarahan kepada seluruh para mahasiswi dan mahasiswa sehingga mau berbagi sebuah anugerah yang telah tuhan berikan dan sebuah kesempatan untuk berbagi yang memberikan kesehatan,” ungkap Mingdry.

Pada kegiatan donor darah yang berlangsung Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo PMI Kabupaten Landak mendapatkan 51 kantong darah dan akan didistribusikan Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Landak kemudian diolah dan didistribusikan kepada pasien yang membutuhkan. (Ril)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Data Kemenkes dan Dinkes Berbeda Soal Persentase Stunting, Wabup Ontot: Jangan Buat Kita Ini Kocar-Kacir

  KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Data jumlah persentase stunting di Kabupaten Sanggau rupanya tidak tunggal. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *