Kamis , 8 Desember 2022
Home / BENGKAYANG / Ngobrol Pemilu, KPU gandeng Pemuda menyongsong Pemilu 2024

Ngobrol Pemilu, KPU gandeng Pemuda menyongsong Pemilu 2024

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkayang menggelar agenda kegiatan Ngobrol Pemilu dengan tema ’Peran Pemuda Dalam Menyongsong Pemilu Serentak Tahun 2024 Di Kabupaten Bengkayang, di Play Ground Cafe Bengkayang, Sabtu (15/10) sore. Agenda tersebut diketahui merupakan kegiatan rutin yang kerap diadakan KPU Bengkayang disetiap menjelang event gelaran Pemilu.

Dalam kegiatan tersebut, KPU turut menggandeng berbagai unsur, diantaranya Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di lingkungan Kabupaten Bengkayang, Kepala Kesbangpol Bengkayang, perwakilan Polres Bengkayang, serta Komisioner Bawaslu Kabupaten Bengkayang, dan beberapa tamu undangan lain.

Dalam kesempatan itu, Komisioner KPU Bengkayang Divisi Hukum dan Pengawasan, Heribertus menyampaikan pentingnya peran elemen masyarakat, termasuk unsur kepemudaan dalam menyongsong agenda pemilu serentak, pada 2024 mendatang.

”Peran pemuda dalam menyongsong pemilu serentak 2024, ada tiga peran strategisnya,” ucapnya.

Dia juga menjelaskan tiga peran strategis pemuda tersebut, diantaranya pertama terlibat kontestasi langsung artinya terlibat menjadi kontestan sebagai calon legislatif salah satu partai politik. Kedua, bergabung dalam wilayah-wilayah lembaga penyelenggara pemilu misalnya ikut dalam tim pengawas pemilu kecamatan seperti yang sudah dilakukan rekrutmen panwascam oleh Bawaslu. Serta ketiga, sebagai agen pengawasan di luar lembaga penyelenggara seperti civil society.

“Biasanya peran ke tiga ini ditekuni mahasiswa sebagai anggota BEM dan sebagainya yg sifatnya independen,” papar Heribertus.

Sementara itu, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)Kabupaten Bengkayang, Yopi Cahyono yang turut hadir sebagai panelis kegiatan menyampaikan hal serupa dan lebih substansi dalam perencanaan dan strategi pemilu serentak 2024.

”Bawaslu Kabupaten Bengkayang komitmen untuk proaktif melibatkan kaum pemuda. Seperti menghadirkan pemuda sebagai narasumber setiap event-event yang relevan dalam kegiatan Bawaslu,” tegasnya.

“Bukan hanya pemuda, kaum disabilitas dan perempuan juga kita berkomitmen dalam membangun komunitas dalam penyelenggaraan pemilu serentak 2024 mendatang,” timpal dia.

Yopi juga berharap dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan agar mendapatkan gambaran dan manfaat.

”Strategi paling penting adalah memberikan sosialisasi dan pendidikan politik kepada masyarakat. Outputnya yang kita harapkan adalah partisipasi meningkat dalam pemilu,” tutupnya.

Perwakilan OKP Pemuda Dayak, Japo Alberto turut merespon positif kegiatan Ngobrol Pemilu yang diselenggarakan KPU khususnya bagi kaum muda.

”Sangat baik untuk mensosialisasikan pemilu kepada pemuda dan pemilih pemula agar ke depannya lebih bisa berpartisipasi dalam pemilu dan diberikan ruang untuk menyuarakan pemilu,” ucap Japo.

Japo pun berharap dalam pemilu serentak kelak, pemuda bisa menjadi agen perubahan seperti menolak money politic dalam bentuk apapun yg dilakukan oknum-oknum terkait.

”Saya harap untuk generasi milenial agar menolak money politic, karna dapat menghancurkan moral kita sebagai anak bangsa yang baru tumbuh. Pilihlah pimpin yang mau bekerja atas dasar profesionalitas dan kemampuan, bukan karna embel-embel diberi uang saat mencoblos,” pungkasnya. (Titi).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Untuk Budidaya Lele

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa mengajak masyarakat agar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *