Jumat , 26 April 2024
Home / NEWS / Dinkes Pronvinsi dan Kabupaten Kolaborasi Gelar Aksi Bergizi di Lapangan Sabang Merah

Dinkes Pronvinsi dan Kabupaten Kolaborasi Gelar Aksi Bergizi di Lapangan Sabang Merah

Foto—Program Aksi Bergizi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar dan Dinkes Sanggau terhadap para peserta Perkemahan Wirakarya Daerah Kalbar di Lapangan Sabang Merah, Kabupaten Sanggau, Rabu (12/10/2022)—Kiram Akbar

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau menggelar Aksi Bergizi terhadap 600 peserta Perkemahan Wirakarya Derah (PWD) Kalbar, Rabu (12/10/2022) di lapangan Sabang Merah, Kabupaten Sanggau.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Najori menjelaskan beberapa yang dilakukan dalam Aksi Bergizi tersebut adalah diawali dengan senam bersama. Dilanjutkan sarapan pagi bersama. Kemudian, pemberian vitamin FE bagi remaja putri.

“FE itu vitamin tambah darah. Selanjutnya adalah pemeriksaan kesehatan. Yang paling pentin adalah pemeriksaan gula darah terhadap peserta. Kemudian pengecekan tensi. Program ini kita gandengkan dengan PWD karena Kabupaten Sanggau jadi tuan rumah,” kata Najori ditemui di lokasi.

Ia menyebut Aksi Bergizi merupakan program nasional. Satu di antaranya adalah penurunan angka stunting dan mengurangi anemia pada anak remaja.

“Karena apa, khususnya anak-anak remaja sekolah kurang sarapan. Jadi bagaimana melalui Aksi Bergizi ini biasakan sarapan, olahraga, meminum obat penambah darah,” tambah Najori.

Untuk petugas di Aksi Bergizi berasal dari Puskesmas maupun Dinas Kesehatan. “Ini khusus hari ini, karena ada perkemahan,” pungkasnya.

Ketua Panitia Perkemahan Wirakarya Daerah Kalbar di Kabupaten Sanggau Andreas Sisen mengungkapkan, peserta perkemahan dari 14 kabupaten/kota se-Kalbar berjumlah sekitar 600 orang. Namun untuk keseluruhan termasuk pengurus kwarda dan kwarcab kurang lebih 800-an orang.

“Perkemahan berlangsung selama lima hari. Ada kegiatan baksos, lalu ada program-program yang disampaikan oleh narasumber dari Kwarda maupun dari Forkompinda Provinsi untuk pramuka atau peserta perkemahan,” terangnya.

Adapun kegiatan bakti sosial, Sisen menambahkan, berupa kerja bakti termasuk di Keraton Surya Negara dan juga membuat jalan setapak di area Bumi Perkemahan Pramuka Sabang Merah Sanggau. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Hadiri Panen Perdana PSR

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Sanggau, Suherman menghadiri panen perdana Program Sawit Rakyat (PSR) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *