Rabu , 1 Februari 2023
Home / NEWS / KPU Sanggau Verifikasi Administrasi Terakhir, Penentu Partai Lolos atau Tidak

KPU Sanggau Verifikasi Administrasi Terakhir, Penentu Partai Lolos atau Tidak

Foto–Rapat Koordinasi (Rakor) hasil verifikasi administrasi perbaikan keanggotaan partai politik dalam tahapan pendaftaran sebagai calon peserta Pemilu 2024 digelar di Hotel Garden Palace, Jumat (07/10/2022)–ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU.. Rapat Koordinasi (Rakor) hasil verifikasi administrasi perbaikan keanggotaan partai politik dalam tahapan pendaftaran sebagai calon peserta Pemilu 2024 digelar di Hotel Garden Palace, Jumat (07/10/2022).

KPU Sanggau selaku pelaksana mengatakan, Rakor yang dilaksanakan tersebut sebagai tindaklanjut Surat Keputusan KPU RI nomor 384 tahun 2022, KPU Kabupaten/Kota dari tanggal 3-10 Oktober 2022 melakukan verifikasi administrasi perbaikan terhadap syarat keanggotaan Partai Politik.

“Berkaitan dengan hak tersebut Rakor yang dilaksanakan hari ini adalah untuk memberitahukan atau menyamakan persepsi kepada partai politik terkait bagaimana mekanisme partai politik dalam hal menindaklanjuti hasil verifikasi administrasi perbaikan yang dilakukan olek KPU/Kota,” kata Iis Supianto, Komisioner KPU Sanggau.

Iis menyebut, verifikasi administrasi perbaikan ini adalah verifikasi administrasi terakhir oleh KPU. Verifikasi ini akan menentukan partai-partai itu lolos ketahap berikutnya atau tidak.

“Jika partai tersebut dinyatakan lolos verifikasi administrasi perbaikan ini, partai-partai yang diluar partai parlemen itu akan melanjutkan ke verifikasi faktual,” ungkapnya.

Untuk partai-partai yang memiliki ambang batar 4 persen atau parliamentary threshold, lanjut Iis Supianto, sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi nomor 55 itu langsung ditetapkan sebagai peserta.

“Karena itu, penting kegiatan pada hari ini untuk menginformasikan utamanya ke Partai Politik terhadap beberapa temuan hasil verifikasi administrasi perbaikan, agar partai dapat memenuhi persyaratan perbaikan tersebut,” pungkasnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Data Kemenkes dan Dinkes Berbeda Soal Persentase Stunting, Wabup Ontot: Jangan Buat Kita Ini Kocar-Kacir

  KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Data jumlah persentase stunting di Kabupaten Sanggau rupanya tidak tunggal. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *