Kamis , 6 Oktober 2022
Home / NEWS / Sekda Sanggau Buka Rakor Tim Pembina Kabupaten Sehat

Sekda Sanggau Buka Rakor Tim Pembina Kabupaten Sehat

Foto—Sekda Sanggau, Kukuh Triyatmaka membuka Rakor Kabupaten/Kota Sehat dan Forum Kabupaten Sehat, Kamis (22/09/2022) di aula Bappeda Sanggau—Kiram

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Sanggau Kukuh Triyatmaka membuka secara resmi rapat koordinasi tim pembina Kabupaten/Kota Sehat dan Forum Kabupaten Sehat yang berlangsung di lantai dua Bappeda Sanggau, Kamis (22/09/2022).

Dalam sambutannya Sekda Kukuh Triyatmaka menyampaikan, program Kabupaten/Kota Sehat sejalan dengan salah satu poin seven brand images khususnya poin dua Sanggau Sehat.

“Untuk mewujudkan Sanggau Sehat tentu pemerintah daerah telah menyiapkan strategi yang sejalan dengan pemerintah pusat,” kata Kukuh.

Kukuh menjelaskan, tim pembina bertugas membina, tim teknis dari semua dinas karena Dinas Kesehatan ini tidak bekerja sendiri tetapi melibatkan semua unsur. Termasuklah forum kabupaten sehat.

Kabupaten/Kota Sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Kukuh menjelaskan, penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Untuk mewujudkannya dilaksanakan melalui “Forum” atau dengan memfungsikan lembaga masyarakat yang ada.

“Forum tersebut disebut Forum Kabupaten/Kota Sehat atau sebutan lain yang serupa sampai tingkat kecamatan dan desa. Tugas kita diforum ini menyuarakan kondisi saat ini di masyarakat yang menjadi hambatan mewujudkan Kabupaten Sehat,” ungkap Kukuh.

Sementara itu, Ketua panitia penyelenggara Kabupaten/Kota Sehat, Najori menyampaikan, Kabupaten/Kota Sehat merupakan agenda dua tahunan Kementerian Kesehatan. Di berbagai daerah, masih terdapat berbagai permasalahan yang dihadapi Kabuapten/Kota di Indonesia yang meliputi permasalah fisik, petmasalah sosial, permasalah ekonomi dan permasalah Kabupaten/Kota.

Dikatakan Najori, Kabupaten/Kota Sehat bisa mengalami kerawanan jika tidak mendapatkan intervensi yang tepat.

“Jadi, untuk mendapatkan intervensi tersebut diperlukan pemberdayaan potensi dan semua sumber daya yang tersedia di Kabupaten/Kota, serta membangun kemitraan yang solid antara masyarakat, pemerintah dan swasta,” ungkapnya.

Narasumber dalam rapat koordinasi perdana tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kavupaten Sanggau Ginting. Rapat dihadiri tim pembina dari jajaran Forkompimda dan Kepala Dinas Terkait dan Forum Kabupaten Sehat yang terdiri dari ormas se-Kabupaten Sanggau. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Laga Arema FC vs Persebaya Berakhir Ricuh, 127 Orang Meninggal Dunia

  KALIMANTAN TODAY, MALANG – Laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang berakhir ricuh. Hasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *