Kamis , 6 Oktober 2022
Home / BENGKAYANG / Tiga Pejabat Daerah Bengkayang Raih Predikat Memuaskan dari LAN RI

Tiga Pejabat Daerah Bengkayang Raih Predikat Memuaskan dari LAN RI

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Pemda Kabupaten Bengkayang mengikutsertakan tiga orang Pejabat Pimpinan Tertinggi Pratama untuk mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Tahun 2022, yang diadakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, diJakarta pada 5-7 September 2022 lalu.

Ketiga Pejabat Daerah tersebut, diantaranya Sekretaris DPRD Kabupaten Bengkayang Bernadeta, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Bengkayang Yohanes Atet, Kepala Bappeda Kabupaten Bengkayang Ucok P Hasugian.

Dalam kesempatan pelatihan itu, Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis turut andil menjadi mentor bagi ketiga peserta perwakilan Kabupaten Bengkayang.

“Baru-baru ini, ketiga wakil Kabupaten Bengkayang sudah mengikuti Presentasi Seminar Implementasi Proyek Perubahan,” ucap Bupati Darwis, Kamis (15/9).

Darwis turut mengapresiasi ketiga wakil Kabupaten Bengkayang yang dinilai sangat optimis mempresentasikan ide-ide terkait Proyek Perubahan, dengan membuat aplikasi yang sudah di develop masing-masing untuk kebutuhan penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Bengkayang.

“Seperti kita ketahui bersama, ketiga perwakilah sudah memperkenalkan inovasi masing-masing,” katanya.

Diantaranya, lanjut Bupati Darwis, E-SinaAre yang merupakan Inovasi Proyek Perubahan yang dirancang Bernadeta. Inovasi tersebut dikembangkan untuk mengoptimalisasikan peran dan fungsi Sekretariat DPRD Kabupaten Bengkayang dalam pengelolaan Aspirasi Masyarakat.

“Saat ini Aplikasi E- SinaAre telah dirilis di Playstore dan dapat di download dan diakses secara publik secara gratis,” sambungnya.

Kemudian ada Aplikasi SILaKiPPDa yang merupakan terobosan dari Yohanes Atet. Aplikasi tersebut merupakan terobosan berbasis web yang sudah mengudara dengan menggunakan domain resmi Pemda Bengkayang.

Darwis menjelaskan, SILaKiPPDa sendiri merupakan akronim dari Sistem Informasi Laporan Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah ini juga telah dianalisis dan diujicoba oleh Tim dari Diskominfo Bengkayang.

“Aplikasi yang dirancang oleh Bapak Yohanes Atet ini juga sudah launching pada tanggal 17 Agustus 2022 bertepatan dengan Acara Malam Resepsi Kenegaraan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Aula Terbuka lantai V Kantor Bupati Bengkayang,” ungkapnya.

Dia berharap, kedepan aplikasi SILaKiPPDa ini dapat meningkatkan laporan Penyelengaraan Pemerintahan Daerah, menjadi lebih baik dengan penyampaian data2 yg berkaitan dgn LPPD, dapat lebih cepat, akurat dan tepat waktu.

“Sehingga dengan adanya aplikasi tersebut, mampu meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah terutama dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang setiap tahunnya,” harap Bupati Darwis.

Serta yang terakhir ada aplikasi Barage yang merupakan aplikasi berbasis WebGIS (Web Geographic Information System) Data Geo Spasial yang menyajikan data Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Bengkayang. Aplikasi ini, kata Darwis, terdiri dari Roadmap Belanja Modal dan Operasional serta data dukung Pembangunan lainnya. Aplikasi Manajemen Pembangunan yang dirancang oleh Ucok Parsaulian Hasugian ini diharapkan dapat mengintegrasikan data pembangunan secara realtime di Kabupaten Bengkayang.

“Tentu kita sangat optimis dan mendukung penuh semua Proyek Perubahan yang dirancang oleh ketiga Pejabat Pimpinan Tertinggi Pratama Kabupaten Bengkayang. Kita percaya inovasi yang dilakukan ketiga perwakilan Kabupaten Bengkayang ini dapat menjadi angin segar, yang membawa Bumi Sebalo ke arah yang lebih baik kedepannya,” pungkas dia.

Sebagai informasi, ketiga Pejabat Pemda Bengkayang yang mengikuti pelatihan PKN tingkat II, mendapatkan kualifikasi “Memuaskan” yang diberikan langsung oleh Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN) RI. (Titi).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Laga Arema FC vs Persebaya Berakhir Ricuh, 127 Orang Meninggal Dunia

  KALIMANTAN TODAY, MALANG – Laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang berakhir ricuh. Hasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *