Jumat , 9 Desember 2022
Home / CULTURE / Tahun Depan, Paradje’ Bakal Digelar di Tingkat Nasional

Tahun Depan, Paradje’ Bakal Digelar di Tingkat Nasional

Foto—Tepung tawar oleh pihak Istana Surya Negara kepada Bupati Sanggau, Paolus Hadi beserta isteri, dan para raja yang hadir di acara Paradje’ ke-14 Kabupaten Sanggau, Sabtu (10/09/2022)—Kiram Akbar

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi menandai dibukanya Festival Budaya Pardje’ ke-14, Sabtu (10/09/2022) di Istana Surya Negara Sanggau.

Tak hanya Forkompimda, para sultan dan raja se-Kalbar dan luar Kalbar juga hadir di acara tersebut, di antaranya: Sultan Pontianak Syarief Machmoed Melvin Alqadrie, Pageran Ratu Kerta Negara Ketapang Gusti Kamboja, Sultan Muhammad Jamaluddin III Gusti Muhammad Hukma, Raja Iswara Mahayana Dipati Karang Sari Gusti Fikri Azizurrahman Sah, Pangeran Ratu Raden Muhammad Tarhan, Pageran Agong Sri Negara Gusti Muhammad Effendy, Pangeran Ratu Mulawangsa Dr. Mardan Adijaya, Pangeran Prabu Kusuma Negara Raden Barry Danu Perdana, Yang Mulia, Karaeng Turikale VIII Maros, Irjen Pol. AA. Mapparessa.

Bupati Sanggau dan isteri, Arita Apolina beserta tamu undangan tiba di lokasi sekitar pukul 09.00, kemudian melakukan ritual tolak ajong. Di gerbang istana, para tamu undangan disambut tepung tawar, sebelum memasuki lokasi acara.

“Hari ini saya menghadiri pembukaan Paradje’ yang ke 14. Terimakasih kepada Raja Sanggau sebagai penyelenggara, bersama MABM. Saya juga senang karena banyak tamu, terutama dari persatuan forum raja-raja se-Indonesia, Matra, dan tentuanya raja-raja yang hadir, tamu undangan lainnya, dari seluruh kabupaten/kota. Paradje’ ini sudah menjadi tradisi kita, sudah menjadi agenda rutin wisata dan budaya Kabupaten Sanggau,” kata Paolus Hadi usai acara pembukaan.

PH, sapaan Paolus Hadi memaklumi jika belum semua even maupun perlombaan dapat dilaksanakan, mengingat kondisi yang baru pulih dari Covid-19. Untuk Pardje’ kali ini hanya ada satu even: lomba sampan.

“Tadi sudah dijelaskan panitia dan Raja Sanggau, bahwa even ini kita mulai lagi. Tapi yang utama adalah adat budaya kita, khususnya budaya Paradje itu bagian penting kita untuk memastikan Sanggau ini harus baik. Tradisi ini setiap tahun kita laksanakan. Cuma untuk pesta besarnya baru kali ini kita mulai,” ujarnya.

PH mengaku Kabupaten Sanggau mendapat tawaran dari pengurus Masyarakat Adat Nusantara (Matra) agar Festival Paradje’ dapat ditingkatkan sampai tingkat nasional.

“Kita menyambut baik, mudah-mudahan ini bisa terlaksana. nanti kita atur supaya ini lebih orang datang apa sih budaya orang sanggau, teristimewa budaya Melayu,” pungkasnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Biaya Penerangan Jembatan Tayan Capai Rp 5 Miliar Pertahun

  KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Biaya pemeliharaan penerangan Jembatan Tayan pertahun ternyata cukup mahal. Mencapai Rp.5 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *