Sabtu , 3 Desember 2022
Home / CULTURE / Paradje Digelar 8 September 2022, Dihadiri Gubernur dan Raja se-Kalbar

Paradje Digelar 8 September 2022, Dihadiri Gubernur dan Raja se-Kalbar

Foto—Rapat Pantia Paradje XIV di Keraton Surya Negara Sanggau, Kamis (01/09/2022)—ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Festival Paradje’ Keraton Surya Negara Kabupaten Sanggau akan menggelar Festival Ritual Adat Paradje Pasaka Negeri ke-14 akan digelar pada 8-10 September 2022 mendatang.

“Festival ritual adat paradje adalah ritual adat pembersih negeri seperti dijauhkan dari marabahaya, wabah penyakit dan masyarakat bisa hidup dengan tertib, aman, damai serta bersahaja,” kata Raja Sanggau, Gusti Arman, belum lama ini.

Pria bergelar Pangeran Ratu Surya Negara ini menyebut Festival Paradje kali ini akan dibuka langsung Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji.

“Insyaallah pembukaan oleh pak Gubernur atau pak Wakil Gubernur Kalbar serta ditutup oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi yang kita cintai dan banggakan,” ungkapnya.

Dia juga memohon doa masyarakat Kabupaten Sanggau agar festival paradje pesaka negeri ke-14 berjalan dengan aman dan damai. “Semoga Paradje ditahun ini dapat berjalan lancar dan sukses,” harapnya.

Sementara itu, ketua panitia festival ritual adat paradje ke-14, Ade Safari menyampaikan persiapan panitia festival paradje sudah 80 persen.

“Yang mana kegiatan pertama yaitu beroah agong sekaligus doa rasul, tolak ajong. Perlombaannya hanya ada lomba perahu bidar, acara selanjut yang cukup besar, namun di luar acara ritual yaitu musyawarah raja-raja se-Kalbar,” ungkapnya.

Ade Safari mengatakan, selain ritual adat, lomba perahu bidar dan musyawarah raja-raja se-Kalbar, ada juga salawat akbar yang dipusatkan di Keraton Surya Negara Sanggau.

“Tamu-tamu yang akan datang yaitu raja-raja se-Kalbar, ada juga raja dari Brunei Darussalam, Jawa dan Sulawesi,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Gelar Paripurna Pemberhentian Haji Samiun Digelar, Tinggal Tunggu Surat Pengangkatan

  KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. DPRD Kabupaten Sanggau menggelar rapat paripurna pemberhentian dengan hormat Haji Samiun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *