Rabu , 10 Agustus 2022
Home / NEWS / Pendaftaran Parpol 1 Agustus Dibuka, Ini Tahapannya

Pendaftaran Parpol 1 Agustus Dibuka, Ini Tahapannya

Foto—Iis Supianto

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. KPU Kabupaten Sanggau memastikan pendaftaran Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2024 dibuka mulai tanggal 1-14 Agustus 2022.

“Sesuai PKPU nomor 4 tahun 2022, tanggal 29 sampai 31 Juli itu baru pengumuman pembukaan pendaftaran saja, pendaftaran sendiri mulai dibuka tanggal 1 sampai 14 Agustus 2022,” kata Komisioner KPU Kabupaten Sanggau, Iis Supianto, Kamis (28/07/2022).

Iis mengungkapkan, tahap pendaftaran nanti, Parpol calon peserta Pemilu terlebih dulu menyerahkan persyaratan administratif berupa dokumen yang dibutuhkan melalui aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) untuk diverifikasi. Verifikasi tersebut dilakukan KPU pusat.

“Setelah hasil verifikasi administrasi itu diturunkan KPU RI ke KPU Kabupaten, barulah kita mempersiapkan Parpol yang lolos verifikasi administrasi untuk proses pendaftarannya,” ujarnya.

“Sementara ini kita sudah membuka help desk Sipol. Jadi nanti teman-teman Parpol yang menemui kendala teknis ketika proses pendaftaran melalui Sipol itu akan kita bantu dan kita teruskan ke KPU RI,” sambung iis.

Ia berharap pengurus Parpol memanfaatkan waktu 14 hari dengan sebaik-baiknya untuk mendaftarkan Parpolnya. “Seluruh dokumen yang dipersyaratkan pada proses pendaftaran ini, tak boleh fiktif,” tegasnya.

Ada sejumlah dokumen yang harus diinput dahulu dalam proses pendaftaran melalui aplikasi Sipol. Pihaknya juga sudah membuka akses Sipol itu sejak jauh hari.

“Jadi teman-teman Parpol memiliki banyak waktu untuk meng-input dokumen persyaratan ke Sipol, sehingga pada 1-14 Agustus itu, Parpol sudah siap mendaftar dengan semua dokumen yang disyaratkan,” terangnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Presiden Jokowi tiba di Bengkayang bagikan bantuan langsung pada warga

  KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Usai melakukan peresmian Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, kabupaten Mempawah, Selasa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *