Senin , 6 Februari 2023
Home / Uncategorized / Bupati Bengkayang Ikut Tanam Pohon Serentak Bersama Gubernur Kalbar

Bupati Bengkayang Ikut Tanam Pohon Serentak Bersama Gubernur Kalbar

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG  – Gubernur Kalbar, Sutarmidji memimpin jalannya melaksanakan giat penanaman pohon serentak. Giat tersebut turut diikuti oleh seluruh Wali Kota/Bupati di seluruh wilayah Kalbar, melalui virtual zoom meeting, kemarin.

Termasuk diantaranya Kabupaten Bengkayang yang turut serta menyelenggarakan, dengan melakukan penanaman pohon di sekitaran area SMP Amkur Bengkayang. Sementara penanaman di Bumi Sebalo sendiri dipimpin langsung oleh Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkayang Dodorikus, Kadisdikbud Bengkayang Heru Pujiono, Kasatpol PP Bengkayang Fabianus Oel, serta jajaran staf dilingkungan Kabupaten Bengkayang.

Sebagai informasi, kegiatan penanaman pohon serentak se-Kalbar kali ini mengusung tema Kalimantan Barat Teduh, Hijau dan Lestari, dalam rangka pemulihan hutan dan lahan sebagai upaya mendukung Forest and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030. Program ini dilaksanakan sebagai panduan Indonesia dalam melakukan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan Iklim.

Folu Net Sink 2030 ini juga merupakan bagian dari aspirasi Indonesia menuju Long-term Strategy on Low Carbon and Climate Resilience (LTS-LCCR) pada 2050.

Sementara dalam laporannya kepada Gubernur Kalbar, Bupati Darwis menyampaikan jajaran Pemkab akan menanam bibit yang sudah didistribusikan sebanyak 3040. Jumlah tersebut disebar di 11 SMA, 8 SMP, dan 5 SD di seluruh Kabupaten Bengkayang.

“Kedepan akan kita tambah untuk penghijaun yang menyasar pada lingkungan sekolah. Mengingat Kabupaten Bengkayang memiliki jumlah sekolah sebanyak 274 SD, 49 TK, 84 SMP, 10 SMK, 30 SMA, dan 2 SLB,” Sebut Bupati Bengkayang.

Dia juga membeberkan, aksi penanaman pohon juga sudah dilakukan jajaran Pemkab Bengkayang, tepatnya pada bulan April. Dimana ketika itu, Pemkab Bengkayang mendapatkan 300 bibit bantuan csr, yang kemudian ditanam di area perkantoran Pemda Bengkayang.

“Itu kita tanam ada beberapa bibit pohon. Seperti Mahoni, Ketapang, Kencana, dan beberapa bibit Kayu Belian,” ucapnya.

“Kita tanam di area Kantor Bupati dan Kantor-Kantor OPD termasuk Kecamatan. Nanti di bulan Agustus kita juga akan menanam kembali termasuk di daerah pesisir,” tuturnya.

“Dan kita akan mulai menanam di pesisir dari Desa Sungai Duri sampai Desa Karimunting dan 12 pulau terdekat akan kita tanami. Hanya saja saat ini kita kekurangan bibit Mangrove,” timpalnya.

Terkait gebrakan penghijaun yang dilakukan Pemkab Bengkayang, Gubernur Sutarmidji merespon baik program yang telah dilakukan Pemkan Bengkayang. Terlebih, pria yang karig disapa Bang Midji tersebut menyebut Kabupaten Bengkayang memiliki sumber air yang sudah masuk kategori bagus dan baik.

Maka dari itu, Midji meminta agar Pemkab Bengkayang mampu menjaga sumber air bersih itu bertahan lama dan lestari. Salah satu upaya yang dilakukan bisa dengan menjaga keteduhan dan kehijauan pohon.

Lebih jauh, dirinya turut menyampaikan keinganan berkunjung ke daerah Kabupaten Bengkayang, yang salah satu warganya belum lama ini mendapatkan Penghargaan Kalpataru dari Pemerintah Pusat. Yakni dalam hal pengembangan jenis tanaman yang ada di daerah sekitar kawasan hutan adat pikul-pangajid. (Titi)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Forkopimda Landak Bersama Elemen Masyarakat Nyatakan Sikap Menjaga Keutuhan NKRI

  LANDAK – Beberapa pekan ini Negara Indonesia sedang dihadapkan pada isu adanya gerakan dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *