Kamis , 18 April 2024
Home / NEWS / DKPTPHP Sanggau Sebut Realisasi Kuota Pupuk Subsidi Tak Sesuai Kebutuhan

DKPTPHP Sanggau Sebut Realisasi Kuota Pupuk Subsidi Tak Sesuai Kebutuhan

Foto— Kepala DKPTPHP Sanggau, Kubin

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Kuota pupuk subsidi dari pemerintah pusat yang diberikan ke Kabupaten Sanggau ternyata tak terpenuhi sesuai kebutuhan. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Panganan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten Sanggau, Kubin.

“Analisasi kami itu terakomodir 40-60 persen dari kebutuhan pupuk di Sanggau. Kenapa bisa tidak terpenuhi, karena keterbatasan anggaran pusat memberikan subsidi,” ungkapnya, Selasa (20/06/2022).

Pemkab Sanggau tentu tak tinggal diam. Satu di antara upayanya dengan menyurati Kementerian Pertanian guna meminta tambahan kuota pupuk menjadi seratus persen.

“Tapi melihat kondisi keuangan Pemerintah Pusat memang kurang mampu, karena yang diberikan subsidi bukan hanya kita tapi seluruh petani di Indonesia. Minimal ada tambahan lah diatas 60 persen tadi,” ungkapnya.

Kepada petani yang belum tersentuh pupuk subsidi, Kubin berharap tetap melakukan pemupukan, tetapi dengan menggunakan pupuk non subsidi yang harganya diberlakukan sesuai mekanisme pasar.

“Kalau tidak dipupuk khawatirnya hasil produksi tidak sesuai yang diharapkan. Bisa juga menggunakan pupuk anorganik yang pernah kami sampaikan ke petani. Misalnya menggunakan campuran micin dengan kelapa, bekas rendaman beras, diaduk jadi satu sesuai takarannya sebagai Inang, kemudian disiramkan di tanaman, itu juga bagus,” bebernya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Bupati Kapuas Hulu Sebut Bangga Jadi Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2025

  KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Kabupaten Kapuas Hulu akan menjadi tuan rumah pada ajang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *