Rabu , 10 Agustus 2022
Home / CULTURE / Pemkab Landak Apresiasi Adat Nyobeng di Bengkayang

Pemkab Landak Apresiasi Adat Nyobeng di Bengkayang

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Ocin. FOTO/Diskominfo Landak

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Pj. Bupati Landak yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Ocin, menghadiri pembukaan acara Adat Nyobeng, Gawia Nibak’ng Dayak Bidayuh Sebujit tahun 2022 di Kecamatan Siding, Desa Sebujit, Kabupaten Bengkayang, Rabu (15/06/2022).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Bengkayang serta turut dihadiri, Perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Ketua DAD Bengkayang, Unsur Forkopimda, dan para undangan lainnya.

Acara yang dipusatkan di Rumah Adat Dayak Bidayuh Sebujit ini dimeriahkan dengan berbagai ritual serta hiburan tradisional khas suku dayak. Bahkan terlihat beberapa wisatawan mancanegara dan ratusan masyarakat yang turut menyaksikan ritual adat yang dipimpin para tetua di Sebujit.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Ocin yang hadir secara langsung menyaksikan kemeriahan acara tersebut memberikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Bengkayang beserta jajarannya karena telah sukses menggelar acara Adat Nyobeng ini.

“Semoga tahun-tahun berikutnya acara ini bisa kembali digelar dan lebih meriah serta tertata dengan rapi sehingga para tamu dan pengunjung yang hadir bisa menyaksikan langsung ritual ini dengan nyaman,” ucapnya.

Ocin menjelaskan bahwa di Kabupaten Landak juga punya ritual adat serupa yang biasa disebut upacara Ritual Notokng, hanya saja sebutannya yang berbeda.

“Namun saat ini memang ritual ini hanya digelar di beberapa Desa saja di Landak dan belum gelar secara terpusat,” jelasnya.

Dirinya juga berharap kedepan Kabupaten Landak juga bisa mengadakan Ritual Notokng secara terpusat sehingga bisa mengundang para wisatawan undang datang berkunjung ke Kabupaten Landak.

“Tentunya kita perlu promosikan ritual notokng ini sehingga lebih diketahui masyarakat luas,” tutupnya. (Ril/Diskominfo Kab. Landak )

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Presiden Jokowi tiba di Bengkayang bagikan bantuan langsung pada warga

  KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Usai melakukan peresmian Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, kabupaten Mempawah, Selasa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *