Senin , 6 Februari 2023
Home / NEWS / Saleh Sadeli Jabat Ketua ICMI Sanggau 2022-2027, PH: Harus Jadi Penengah Persoalan Umat

Saleh Sadeli Jabat Ketua ICMI Sanggau 2022-2027, PH: Harus Jadi Penengah Persoalan Umat

Foto—Bupati Sanggau, Paolus Hadi (paling kiri) menyaksikan Ketua ICMI Korwil Kalbar, Profesor Thamrin Usman menyerahkan SK Kepengurusan ICMI Orda Sanggau Kepada H. M. Saleh Sadeli sebagai Ketua ICMI Sanggau, Kamis (18/03/2021)—Kiram Akbar

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Bupati Sanggau, Paolus Hadi hadir di acara pelantikan pengurus Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah (Orda) Sanggau perioode 2022-2027 di Hoterl Harvey Sanggau, Kamis (18/03/2021).

Dalam sambutannya, PH, sapaan Paolus Hadi menyebut kelompok Cendikia yang tergabung ICMI Orda Sanggau sangat dibutuhkan keberadaannya di daerah.

“Harapan saya ayo ICMI bantu bupati lebih konsen lagi. Jadikan Sanggau yang permai,” ujar PH

Bupati dua periode itu mengajak ICMI bergandengan tangan membantu pemerintah dalam menyukseskan pembangunan daerah.

“Kedepan kita ada Pemilu. Kita harus hati-hati. ICMI harus menjadi penengah dari persoalan yang dihadapi umat,” harap PH sapaan akrabnya.

Sementara itu, Ketua ICM Korwil Provinsi Kalimantan Barat Profesor H. Thamrin Usman menyebut, ada tiga ciri khas ICMI. Pertama adalah intelektual atau cendikia.

“Cendikia itu selalu memberikan solusi, memberikan penerangan, selalu memberikan kabar gembira, mempermudah urusan. Itu ciri-cirinya,” jelas mantan rektor UNTAN Pontianak itu.

Kedua adalah Islam rahmatalill’alamin, yang memberikan kedamaian. “Misi dari ICMI itu adalah untuk kemaslahatan dunia, kemaslahatan orang banyak, untuk kemaslahatan mahluk hidup. Artinya kehadiran ICMI harus bermanfaat bagi sesama manusia dan sesama mahluk hidup lainnya,” ujar Thamrin.

Ciri yang ketiga, lanjut Thamrin adalah Indonesia. Kehadiran ICMI harus bisa membantu menyelesaikan persoalan di Indonesia.

“Kecendikiawanan dia dan keislaman dia dipergunakan untuk kemajuan indonesia. Selamat pak Haji Saleh telah dipercaya sebagai ketua ICMI Orda Sanggau. Kontribusi kalian untuk daerah sudah dangat dinanti-nanti karena keberadaan kalian sangat penting dan strategis,” ungkapnya.

Senada dengan Thamrin, Ketua ICMI Orda Sanggau, H. M. Saleh Sadeli menyampaikan dalam alam pikiran keagamaan maupun organisaai sosial di era sekarang cenderung dan sering mendatangkan kelemahan, bahkan sering menimbulkan pertentangan dan kesalahpahaman

“Dan itu terjadi di kalangan umat Islam itu sendiri, akibatnya sebagian umat Islam ada yang terjebak dalam egoisme kelompok yang berlebihan sehingga menimbulkan gesekan-gesekan yang berpotensi membahayakan keutuhan NKRI dan merusak tatanan kehidupan yang telah dibangun atas dasar prinsip toleransi dan perdamaian. Untuk memelihara dan menjaga keutuhan bangsa khususmya di Sanggau kehadiran ICMI diharapkan dapat dapat bekerjasama dengan semua pihak.

“ICMI siap bekerjasama dengan pihak manapun untuk kepentingan masyarakat Sanggau,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Bupati Paolus Hadi Ajak Masyarakat Sanggau Ikut Jumat Bersih

  KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Persolan penumpukan sampah di sejumlah titik di Kota Sanggau tak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *