Rabu , 1 Februari 2023
Home / NEWS / 44 Jiwa Terdampak Banjir, Kades Binjai Harap BPBD Segera Berikan Bantuan

44 Jiwa Terdampak Banjir, Kades Binjai Harap BPBD Segera Berikan Bantuan

Foto—Banjir di Dusun Buluh Empirit, Desa Binjai, Kecamatan Tayan Hulu, Minggu (13/2/2022).—Ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Sejumlah wilayah di Kabupaten Sanggau dilanda banjir disebabkan tingginya curah hujan sejak sepekan belakangan. Satu di antaranya wilayah Dusun Buluh Empirit, Desa Binjai, Kecamatan Tayan Hulu.

Kepala Desa Binjai Heriyanto mengatakan, banjir yang melanda Buluh Empirit terjadi sejak Jumat (11/2/2022) lalu, dengan ketinggian air saat ini mencapai 1,5 meter.

“Berdasarkan pendataan pihak RT dan kepala kewilayahan di sana, sebanyak 13 KK dengan jumlah 44 jiwa terdampak banjir. Laporan yang saya terima, ketinggian air cenderung naik,” ujarnya, Senin (14/2/2022).

Saat ini, menurut Heriyanto, debit air sudah naik hingga ke sejumlah rumah warga.

“Rumah warga di sana rata-rata pondasinya tinggi. Meski begitu, sudah ada rumah warga yang tergenang banjir. Dan sudah ada warga yang mengungsi ke rumah warga lainnya yang tidak terkena banjir,” katanya.

Akibat banjir, aktivitas warga terganggu. Heriyanto bilang, untuk beraktivitas sehari-hari warga di sana menggunakan perahu. Jika ingin keluar dusun seperti ke Sosok dan sekitarnya, warga terpaksa harus menggunakan jalan alternatif lain, yaitu melewati jalan perusahaan perkebunan dengan jarak tempuh yang lumayan jauh.

“Sekarang kalau warga mau ke Sosok misalnya, mereka harus mutar, melewati jalan kebun PTPN Parindu menuju Binjai, melewati Dusun Simpang Tanjung dan Dusun Tanjung. Jalan yang biasa digunakan warga sudah tidak bisa dilewati karena banjir,” ucapnya.

Heriyanto berharap, Pemda melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bisa segera memberikan bantuan kepada warga korban banjir di Dusun Buluh Empirit.

“Di sana langganan banjir setiap tahun. Mudah-mudahan pemerintah daerah peduli,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Data Kemenkes dan Dinkes Berbeda Soal Persentase Stunting, Wabup Ontot: Jangan Buat Kita Ini Kocar-Kacir

  KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Data jumlah persentase stunting di Kabupaten Sanggau rupanya tidak tunggal. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *