Jumat , 19 April 2024
Home / NEWS / Bupati Sanggau Buka Sosialisasi Kebijakan Pembangunan Infrastruktur BM dan SDA

Bupati Sanggau Buka Sosialisasi Kebijakan Pembangunan Infrastruktur BM dan SDA

Foto— Kegiatan sosialisasi kebijakan pembangunan infrastruktur Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM-SDA) Kabupaten Sanggau di aula Hotel Garden Palace, Sanggau, Selasa (30/11/2021)—ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH) membuka sosialisasi kebijakan pembangunan infrastruktur Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM-SDA) Kabupaten Sanggau di aula Hotel Garden Palace, Sanggau, Selasa (30/11/2021).

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Kepala Kepala Dinas BM dan SDA Kabupaten Sanggau John Hendri, Ketua Panitia Aris Sudarsono, kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sanggau, para camat, lurah dan kepala desa perwakilan se-Kabupaten Sanggau.

Dalam sambutanya, Bupati PH menyampaikan bahwa masih ada daerah-daerah di wilayah Kabupaten Sanggau memerlukan pembangunan infrastuktur yang berkualitas, berkeadilan dan berkelanjutan.

“Ini agar mereka para saudara-saudara kita semuanya dapat menikmati hasil-hasil pembangunan, dan dapat memberikan sumbangsihnya dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Sanggau yang kita cintai ini,” ucapnya.

PH menyebut, kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari proses untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur demi kesejahteraan masyarakat. Informasi yang disampaikan kiranya menjadi masukan dan input yang berharga bagi semua peserta yang hadir.

“Pesan saya, ikuti sosialisasi ini dengan penuh motivasi untuk perbaikan kinerja dan meningkatkan sinergitas serta harmonisasi dalam pembangunan di Kabupaten Sanggau. Semoga memberikan optimisme kepada kita semua,” ucapnya.

Kepala Dinas BM dan SDA Kabupaten Sanggau John Hendri mengatakan, sosialisasi ini merupakan salah satu media untuk menyamakan pemahaman dalam pengusulan pembangunan infrastruktur di lingkungan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau.

Melalui kegiatan ini, lanjut dia, berbagai kendala dalam proses pembangunan jalan, jembatan dan infrastruktur sumber daya air diharapkan dapat tertangani.

“Infrastruktur di Kabupaten Sanggau masih menghadapi tantangan, terlebih pada masa pandemi Covid-19. Nilai kemantapan jalan kabupaten kita di tahun 2020 sebesar 34,40 persen dari panjang jalan kabupaten sepanjang 1001,44 kilometer, masih di bawah nilai kemantapan nasional sebesar 65 persen. Salah satunya disebabkan oleh panjang jalan,” ujar John Hendri.

Kemudian, lanjut dia, jalan dengan permukaan tanah tidak dapat dikategorikan sebagai jalan mantap, walaupun di lapangan ada sebagian jalan tanah terpelihara dan dapat dilalui dengan kecepatan 40 kilometer per jam. Namun demikian, manfaat pembangunan infrastuktur di Kabupaten Sanggau sudah dapat dirasakan masyarakat.

John Hendri menambahkan, di bidang sumber daya air, Kabupaten Sanggau memiliki 80 daerah irigasi dengan luas 9.599 hektar, yang sudah disahkan dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 14/PRT/M/2015 Tahun 2015 tentang Kriteria dan Penetapan Status Daerah Irigasi.

“Saat ini kita sedang mengajukan penambahan 17 daerah irigasi ke pemerintah pusat,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Bupati Kapuas Hulu Sebut Bangga Jadi Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2025

  KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Kabupaten Kapuas Hulu akan menjadi tuan rumah pada ajang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *