Jumat , 19 April 2024
Home / NEWS / Bupati Paolus Hadi Ungkap Dua Penghambat Capaian Kabupaten Layak Anak

Bupati Paolus Hadi Ungkap Dua Penghambat Capaian Kabupaten Layak Anak

Foto—Bupati saat menghadiri rapat evuluasi rencana aksi KLA, Selasa (30/11/2021)—ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Bupati Sanggau Paolus Hadi mengungkapkan dua hal yang menghambat capaian Kabupaten Layak Anak (KLA). Pertama adalah terkait data dan kedua terkait pemahaman tentang pentingnya KLA.

“Soal data, ini selalu menjadi persoalan kita. Saya minta Dinas Sosial segera lengkapi data yang dibutuhkan, semua OPD, instansi vertikal, perusahaan swasta maupun milik negara dan ormas terkait. Ayo bantu lengkapi data yang dibutuhkan,” kata Bupati saat memimpin rapat evaluasi rencana aksi daerah KLA tahun 2022-2024 di lantai dua Gedung Bappeda Sanggau, Selasa (30/11/2021).

Kemudian, terkait pemahaman, Paolus Hadi menyebut belum semua OPD atau stake holder terkait memahami pentingnya KLA.

“Yang saya khawatir itu justeru pemahaman. Penting tidak KLA ini. Terutama OPD. Kalau penting harusnya ini agak fokus. Harusnya bidang yang menangani di masing-masing OPD. Jadi saya minta hal-hal seperti ini dievaluasi juga,” pinta PH sapaan akrabnya.

Pernyataan PH soal data, diamini Kepala Bappeda Sanggau, yang juga Ketua Satgas KLA Kabupaten Sanggau, Yulia Teresia. Mantan Kepala Dinas Kominfo itu menyebut data masih menjadi persoalan yang sampai hari ini menghambat capaian KLA.

“Soal data ini masih menjadi penghambat kita karena belum berkesinambungan,” ujarnya.

Yulia menambahkan, Kabupaten Sanggau mengikuti penilaian KLA sejak tahun 2017. Mestinya, kata dia, Kabupaten Sanggau sudah punya pengalaman dalam mengikuti penilaian KLA.

“Selama beberapa tahun harusnya kita sudah bisa memetik pelajaran dalam mengikuti KLA ini,” terangnya.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Sanggau Aloysius Yanto mengatakan, rapat evaluasi dan rencana aksi ini bertujuan untuk merancang sistem pembangunan dan menyusun program kebijakan yang terencana dan menyeluruh agar dapat menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak secara berkelanjutan.

Yanto, sapaan akrabnya mengakui belum semua OPD, Instansi terkait, perusahaan swasta maupun milik pemerintah dan ormas yang terlibat dalam Satgas KLA membuat rencana aksi.

“Kita belum maksimal, sulit memang kita berkolaborasi dan bersinergi dalam menyusun rencana aksi 2022-2024. Jadi, saya mohon ketulusan dan komitmen dari semua pihak untuk mendukung terwujudnya KLA,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *