Kamis , 6 Oktober 2022
Home / Olahraga / Bupati Paolus Hadi: Ayo Bersama Pemerintah Bersihkan Sampah Sisa Banjir

Bupati Paolus Hadi: Ayo Bersama Pemerintah Bersihkan Sampah Sisa Banjir

Foto—Warga mulai membersihkan rumahnya pasca air surut–ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Sejumlah wilayah di Kabupaten Sanggau yang terendam banjir mulai surut sejak beberapa hari terakhir. Di dalam kota, warga yang tinggal di kawasan Pasar Sentral, Pasar Kartini dan Pasar Senggol sudah ada yang mulai beraktivitas meskipun kawasan pemukiman di bantaran Sungai Kapuas masih terendam.

Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH) berharap, kondisi banjir terus surut dan masyarakat bisa segera kembali ke rumahnya masing-masing. Namun, yang perlu menjadi perhatian bersama adalah terkait sampah sisa banjir.

“Imbauan saya kepada warga yang tinggal di Liku, Tanjung Sekayam, Tanjung Kapuas, kawasan Sentral, ayo bersama pemerintah daerah kita gotong royong membersihkan sampah sisa banjir. Dikumpul, nanti ada petugas kita yang angkut sampah-sampah itu. Dan saya senang, beberapa organisasi dilaporkan siap untuk ikut gotong-royong,” ujarnya, Kamis (18/11/2021).

Semangat gotong-royong kata PH, sapaan Paolus Hadi, mesti terus berlanjut pasca banjir nantinya. Termasuk membersihkan lingkungan dari sampah-sampah sisa banjir.

“Saya yakin semua warga akan tergerak hatinya bersama pemerintah daerah membersihkan lingkungan dari sampah sisa banjir,” ucapnya.

Berkaitan jalan-jalan yang rusak akibat bencana, Bupati Sanggau dua periode ini menyebut, sudah diusulkan ke kementerian, terutama BNPP. “Saya sudah rapatkan khusus dengan perangkat daerah terkait itu,” ujar PH.

Soal nilai kerugian akibat banjir pada sejumlah sektor, kata Bupati, belum dihitung dan perlu kehati-hatian. Terutama terkait material masyarakat. Begitu juga terkait lahan pertanian yang terkena banjir dan mengalami puso.

Menurut PH, Kementerian Pertanian biasanya akan membantu bibit untuk petani yang lahan pertaniannya mengalami puso atau gagal panen.

“Tapi saya sudah ingatkan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan. Jangan habiskan stok pangan kita. Puji Tuhan, banyak bantuan yang datang dari berbagai pihak seperti Pak Pangdam, Pak Kajati, Pak Kapolda, pihak swasta, semuanya. Ini untuk pengendalian kita,” kata PH.

Terpisah, Kasi Pencegahan Bencana BPBD Kabupaten Sanggau Kristian Hendro mengatakan, pihaknya bersama Satpol PP, TNI dan Polri akan melakukan bersih-bersih sisa banjir pada Sabtu (20/11/2021).

Menurut Hendro, ketinggian air di sejumlah titik banjir terus surut. Seperti di Pasar Kartini, Pasar Sentral dan Pasar Senggol terpantau sudah mulai ada aktivitas. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Jumlah Tenaga Honorer di Sanggau Membengkak, Yang Terverifikasi Segera Diumumkan

  KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Proses perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dari tenaga honorer …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *