Jumat , 6 Agustus 2021
Home / NEWS / Jumlah Orang Gangguan Jiwa di Sanggau Bertambah Selama Pandemi Covid-19

Jumlah Orang Gangguan Jiwa di Sanggau Bertambah Selama Pandemi Covid-19

Gangguan Jiwa/Ilustrasi

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Hingga Juli 2021 ini, jumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Sanggau tercatat 432 penderita atau bertambah 57 jiwa sepanjang pandemi Covid-19.

“Ada peningkatan jumlah ODGJ karena kami terus menggali data dari Pemerintah Kecamatan, Puskesmas dan Pemerintah Kecamatan. Sepanjang 2019 sampai 2020 ODGJ itu ada 375 jiwa, kemudian 2021 sampai Juli ini 432 jiwa,” kata Aang Syahroni, Kabid Rehabilitasi Sosial, DINSOSP3AKB Kabupaten Sanggau, Selasa (13/07/2021).

Ia mengatakan peningkatan jumlah penderita gangguan jiwa itu terkait pula dengan situasi pandemi Covid-19. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di sejumlah perusahaan disebutnya memicu korban PHK itu depresi dan menderita gangguan jiwa.

“Ada juga yang kena PHK di Malaysia dan mendapat perlakuan tidak menyenangkan di sana kemudian di deportasi dalam kondisi depresi, sampai di kampung halaman lalu menderita gangguan jiwa,” ujarnya.

Ia menjelaskan, 432 ODGJ itu berada dalam penanganan Pemerintah Kabupaten Sanggau. ODGJ kambuhan yang belum tercover program Indonesia Sehat, lanjutnya, didaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan yang ditanggung APBD Sanggau.

“2020 kemarin kami sudah menjalin kerjasama dengan pihak Rumah Sakit Jiwa, Singkawang. Jadi ODGJ terlantar, dari keluarga kurang mampu dan yang belum ikut BPJS Kesehatan, mereka dibiayai APBD Sanggau. Mereka dirawat, diobati di Rumah Sakit Jiwa, tagihannya ke kami (DINSOSP3AKB),” ungkap dia.

Menurutnya, DINSOSP3AKB Sanggau mengalokasikan anggaran untuk penanganan sejumlah Rp252 juta.

“Satu pasien itu untuk satu paket perawatan sekitar sebulan tagihannya sekitar Rp2 juta. Nah, saat ini sekitar 80 persen ODGJ di Sanggau sudah tercover program Indonesia Sehat yang ditanggung Pemerintah Kabupaten,” imbuhnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Jabatan Kadis LH Sanggau Jadi Favorit di Open Bidding, Ini Nama-nama Pelamarnya

  KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Seleksi terbuka (open bidding) jabatan pimpinan tinggi pratama atau eselon II …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *