Sabtu , 27 April 2024
Home / NEWS / MABM dan Warga Gotong-Royong Bangun Rumah Rumah untuk Atong

MABM dan Warga Gotong-Royong Bangun Rumah Rumah untuk Atong

Foto–Kondisi gubuk Atong yang selama belasan tahun ditempatinya–ist

 

KALIMANTAN TODAy, SANGGAU – Belasan tahun lamanya Raden Tri Bustami, 53, warga RT.IV Kelurahan Tanjung Sekayam tinggal di gubuk tak layak huni. Prihatinnya lagi, pria yang akrab disapa Atong itu tinggal sebatang kara di atas tanah kebun milik warga.

“”Namanya Raden Tri Bustami warga asal Desa Bahta Kecamatan Bonti. Sudah belasan tahun dia tinggal digubuk tak layak huni di lingkungan RT kami,” kata Ketua RT. IV Kelurahan Tanjung Sekayam Kecamatan Kapuas, Heri Supriyadi ditemui wartawan saat gotong-royong, Rabu (26/5).

Melihat kondisinya yang memprihatinkan itu, lanjut Heri Supriyadi, Ia bersama warga RT. IV berinisiatif merelokasi rumah Raden Tri Bustami dengan rumah baru. Dibantu sejumlah pengurus Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sanggau, Pemuda Pancasila dan sejumlah ormas kemasyarakat lainnya, mereka bergotong-royong membangun rumah baru untuk ditempati Atong.

“Saya atas nama Ketua RT. IV dan seluruh masyarakat RT. IV menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan semua pihak yang peduli dengan membantu, baik tenaga maupun materi sehingga rumah baru untuk warga kita bernama Raden Tri Bustamii atau bang Atong bisa dikerjakan. Mudah-mudahan rumah bang Atong ini secepatnya bisa kita selesaikan pekerjaannya,” harapnya.

Heri mengaku bersukur dan bangga atas kekompakan yang ditunjukan warga RT IV Kelurahan Tanjung Sekayam.

“Warga di RT kami sangat kompak. Apalagi untuk urusan sosial begini. Bukan hanya orang dewasa saja tadi yang ikut, tapi kita lihat tadi anak-anak juga ikut membantu tanpa disuruh,” ujarnya.

Sementara itu Atong saat ditemui wartawan di gubuknya mengaku sudah belasan tahun tinggal di lokasi tersebut. “Sudah lama. Belasan tahunlah,” jawabnya singkat.

Untuk makan sehari-hari, Atong kerap kali mendapatkan bantuan makanan dari para tetangga, karena saat ini Atong sudah tidak mampu lagi bekerja mengingat kondisi kesehatannya yang sering terganggu.

Saat dikunjungi wartawan di kediamannya, Atong sedang sakit. Seluruh wajahnya bercak-bercak agak kecoklatan akibat penyakit cacar. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Kejari Sanggau Siap Kawal dan Amankan Proyek Strategis Daerah 2024

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau selaku aparat penegak hukum siap mengawal dan mengamankan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *