Jumat , 26 April 2024
Home / NEWS / Beberkan Kondisi Jalan Kedukul-Balai Sebut, Kepala BMSDA Sanggau: Yang Bagus Sampaikan Bagus, Yang Jelek Kami Juga Tak Menutup Diri

Beberkan Kondisi Jalan Kedukul-Balai Sebut, Kepala BMSDA Sanggau: Yang Bagus Sampaikan Bagus, Yang Jelek Kami Juga Tak Menutup Diri

Foto—Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kabupaten Sanggau, John Hendri

 

SANGGAU. Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kabupaten Sanggau, John Hendri membeberkan data kondisi ruas jalan Kedukul-Balai Sebut. Hal itu dilakukan sebagai respon terhadap unggahan jalan rusak di media sosial.

“Seperti yang diketahui kemarin pak Bupati juga sudah menyampaikan lewat media, terkait dengan kondisi jalan Kedukul-Balai Sebut. Hari ini kami akan menjelsakan kepada masyarakat, ruas jalan Kedukul-Balai Sebut,” kata John Hendri kepada wartawan, Kamis (21/1/2021)

John menyebut, total panjang jalan Kedukul-Balai Sebut adalah 48,900 kilometer. Terdiri dari 13,250 kilo meter dalam kondisi baik, 15,325 kilo meter dalam kondisi sedang, 10,575 kilo meter dalam kondisi rusak ringan dan 9,750 kilo meter rusak berat.

“Pemda berkewenangan mengatasi dan memperbaiki, karena ini adalah jalan poros, yang melintasi dari Jangkang (Balai Sebut) menuju Kota Sanggau. Tentunya juga kami tidak tinggal diam,” katanya.

John juga menegaskan penanganan ruas jalan tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2015-2020. Bahkan untuk tahun 2021 alokasi anggaran mencapai Rp 5 miliar. Namun anggaran itu tak serta-merta bisa menuntaskan penanganan jalan itu. Semua dilakukan bertahap.

“Kita melanjutkan pengaspalan yang sudah ada. Maksud kita begini, dari Kedukul sudah bagus melewati kantor Camat. Kemudian kita lanjutkan lagi di 2021 ini menuju ke arah SP 2. Ini juga bagian yang saya selalu sampaikan kepada masyarakat, kita juga perlu ada wibawa pemerintah. Kalau di sekitar kantor Camat sudah aspal, menandakan pemerintah juga punya wibawa,” terang John.

Bagimana dengan kondisi jalan masih berupa tanah dan rusak berat. Dijelaskan John, kondisi jalan tanah berbeda penanganannya. Saat ini yang masih fokus pada apa yang ia sebut peningkatan struktur jalan. Itu akan terus dilakukan hingga tahun 2022. Tak hanya mengandalkan APBD murni, tapi juga mengusulkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022.

“Tapi buka berarti ini (jalan berupa tanah) kita tinggalkan. Tidak! Kita akan melakukan kerjasama dengan perusahaan. Artinya merawat, meski berupa jalan tanah. Walaupun belum ada sentuhan APBD yang sepanjang 9,750 kilo meter ini,” jelasnya.

Untuk jalan yang berupa tanah dan rusak berat itu, John memperkirakan butuh Rp 30 miliar untuk bisa sampai pengaspalan. Dengan estimasi per kilometer Rp 3,5 miliar.

“Kami yakin 2023 beres. Aspal semua. Pemda tidak diam dalam hal ini. Jadi yang bagus sampaikan yang bagus, yang jelek kami juga tak menutup diri. Kami juga mengimbau para pegusaha, utamanya yang memiliki kendaraan sawit di sekitar Kedukul-Balai Sebut tolong juga jadi perhatian. Karena kita juga tahu, struktur jalan Kedukul-Balai Sebut pondasinya tidak semuanya keras. Yang sembilan kilometer itu bisa kita kerjakan bersama,” pungkas John. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Kejari Sanggau Siap Kawal dan Amankan Proyek Strategis Daerah 2024

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau selaku aparat penegak hukum siap mengawal dan mengamankan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *