Sabtu , 20 April 2024
Home / NEWS / Dinkes Sanggau Siapkan Rp 1,5 Miliar untuk Vaksin Corona

Dinkes Sanggau Siapkan Rp 1,5 Miliar untuk Vaksin Corona

Ketua LPPD Sanggau, Ginting

 

SANGGAU. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, mengaku telah menyiapkan sarana dan prasarana sembari menunggu datangnya vaksin Corona dari pemerintah pusat.

“Kita Kabupaten Sanggau saat ini telah menyiapkan sarana kesehatan yaitu 19 Puskesmas juga tenaga administrasinya yang akan menginput ke aplikasi yang sudah disiapkan pemerintah pusat dan juga kita telah menyiapkan tim vaksinator. Petugas vaksin itu setiap Puskesmas nanti ada. Kita selama ini sudah ada tenaga vaksinasi, kalau kurang, nanti kita tambah. Tapi saat ini sudah cukup,” kata Ginting kepada awak media belum lama ini.

Pun demikian dengan anggaran. Baik untuk sarana dan prasarana, transportasi maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya. Saat ini hanya tinggal menunggu jadwal pengiriman vaksin dari pemerintah pusat dan berapa jumlah yang akan didistribusikan.

“Kalau (anggaran) kita terbagai dalam beberapa anggaran, nanti ditambah lagi melalui Bantuan Tak Terduga (BTT). Tapi untuk sementara ini sekitar Rp 1,5 miliar. itu tahap pertama. Untuk persiapan saja. Kita sesuaikan kapan datang vaksinya. Informasinya bulan Januari,” ungkap Ginting.

Dinkes juga sudah menyiapkan tempat khusus penyimpanan vaksin jika nanti sudah didistribusikan dari pemerintah pusat.

“Ada yang namanya cold chain (rantai dingin) mulai dari kulkas vaksin, begitu juga vaccine carrier dari provinsi ke Puskesmas sampai ke desa nanti sudah siap. Sudah ada,” tegasnya.

Ketika vaksin datang nanti, sebagaiaman arahan pemerintah pusat, kata Ginting, tenga medis akan menjadi prioritas.

“Dan juga umurnnya sudah ditentukan, 18-59 tahun. Juga diseleksi lagi, yaitu orang-orang yang benar sehat. Jadi tidak ada komorbid, hipertensi, diabetes, tidak ada yang berisiko,” pungkasnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *