Jumat , 26 April 2024
Home / CULTURE / Rumah Melayu Bakal Dijadikan Pusat Kegiatan MABM Sanggau

Rumah Melayu Bakal Dijadikan Pusat Kegiatan MABM Sanggau

Foto—Pengurus DPD MABM dan DPC MABM Kapuas melakukan kerja bakti membersihkan Rumah Melayu di kawasan Sabang Merah, Minggu (8/11/2020)—Kiram Akbar

 

SANGGAU. Para pengurus Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sanggau menggelar kerja bakti membersihkan Rumah Melayu di kawasan Sabang Merah, Minggu (08/11/2020).

Kerja bakti dipimpin langsung Ketua MABM Sanggau, Budi Darmawan sekitar pukul 09.00. Seluru pengurus ikut dalam kegiatan tersebut. Termasuk para pengurus MABM Kecamatan Kapuas.

Tak hanya bagian dalam, pembersihan juga dilakukan di sekitar Rumah Melayu yang tampak ditumbuhi rumput.

Ketua MABM Sanggau, Budi Darmawan mengatakan, kedepannya Rumah Melayu tersebut akan dijadikan pusat kegaitan MABM. Terlebih kata dia, Bupati Sanggau, Paolus Hadi juga meminta Rumah Melayu yang telah dibangun menggunakan APBD Sanggau itu segera difungsikan.

“Kerja bakti hari ini supaya Rumah Melayu ini kelihatan rapi dan bersih. Kedepan akan kita gunakan sebagai pusat kegiatan MABM. Apalagi Sanggau rencananya menjadi tuan rumah MTQ tingkat provinsi pada 2023,” kata dia di sela-sela kegiatan.

Meski secara keseluruhan bangunan Rumah Melayu tersebut sudah selesai, sayangnya lantaran lama tak digunakan, terdapat beberapa coretan-coretan tangan-tangan jahil di tiang maupun dinding bangunan. Pun demikian dengan air dan listrik yang masih belum maksimal.

“Selama ini memang belum ada yang standby di sini (Rumah Melayu). Kedepan kita berharap ada yang mau tinggal di sini,” ungkapnya.

Selain itu, lantai dasar (basemen) yang rencananya dijadikan sekretariat balai kerja belum dibuat.

“Jadi terpaksa kita menggunakan dulu ruangan ganti di belakang panggung lantai satu untuk kegiatan organisasi,” sebut Budi.

Kegiatan kerja bakti ini dijadwalkan akan dilakukan seluruh pengurus DPD MABM Kabupaten Sanggau sebulan sekali. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Hadiri Panen Perdana PSR

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Sanggau, Suherman menghadiri panen perdana Program Sawit Rakyat (PSR) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *