Jumat , 27 November 2020
Home / NEWS / HATINYA PKK Sanggau Solusi Tekan Angka Stunting

HATINYA PKK Sanggau Solusi Tekan Angka Stunting

Bupati Sanggau, Paolus Hadi, dan Ketua PKK Kabupaten Sanggau, Arita Apolina diwawancarai awak media usai acara, Kamis (22/10/2020)—Kiram Akbar

 

SANGGAU. Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengajak masyarakat mendukung upaya menekan angka stunting melalui penguatan ketersedian pangan. Salah satunya dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lumbung pangan untuk ditanami berbagai jenis tanaman konsumsi keluarga.

Hal itu disampaikan Bupati Sanggau dua periode ini saat panen raya kebun HATINYA PKK Kabupaten Sanggau di Antong Ngelayan, Kamis (22/10/2020).

“Saya ikut PKK panen, ada program HATINYA PKK. Program PKK ini dilakukan agar memberi contoh kepada masyarakat, terutama melalui dasa wisma. Apalagi dalam kondisi Covid-19. Ketahanan pangan di masyarakat kita harus kuat,” ujar PH.

Bupati menyebut, salah satu upaya menguatkan ketahahan pangan di masyarakat adalah dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

“Saya support PKK karena program HATINYA PKK ini harus ditelurkan. Tadi saya sudah jelaskan soal stunting. Sanggau masih 25 persen yang perlu diurus, supaya bisa turun menjadi 14 persen,” imbuh PH.

Menurut dia, tantangan dalam menekan angka stunting di Kabupaten Sanggau salah satunya adalah soal gizi, soal sanitasi dan beberapa hal yang berkaitan dengan bagaimana pendidikan mereka. Karenanya, PH mengatakan, program PKK ini sangat bermanfaat bagi keluarga agar mampu memenuhi asupan gizi dari komiditas pangan yang ditanam di pekarangan rumah.

“Tidak hanya itu, program PKK ini juga dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga. Mengapa? karena bisa menghemat pengeluaran untuk pangan, sumber pangan sudah tersedia di sekitar rumah,” pungkas Bupati.

Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, Arita Apolina menjelaskan soal program HATINYA PKK.

“HATINYA PKK ini singkatan dari Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman. Nah, setiap rumah pasti punya halaman. Pemanfatan lahan pekarangan ini seperti harapan 10 program pokok PKK kiranya bisa dilakukan di manapun rumah tinggal kita,” ucapnya.

Melalui program ini, Arita berharap dapat mendorong masyarakat untuk memperkuat ketahanan pangan keluarga.

“15 kecamatan kita sudah punya program. Nanti bulan November kita akan langsung terjun ke lapangan di seluruh jajaran Tim PKK kecamatan, dan dilanjutkan ke dasa wisma. Kita akan menyalurkan bantuan untuk kegiatan program HATINYA PKK,” pungkas istri Bupati Sanggau Paolus Hadi ini. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pengguna dan Penyedia Jasa Konstruksi, ikuti Bimtek Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi

  LANDAK – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR PERA) Kabupaten Landak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *