Sabtu , 27 April 2024
Home / NEWS / Perkenalkan Produk Sanggau ke Wabup Mempawah

Perkenalkan Produk Sanggau ke Wabup Mempawah

Foto—Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi beserta isteri berfoto bersama dengan Wabup Sanggau, Yohanes Ontot dan Ketua Dekranasda Sanggau, Arita Apolina, Senin (21/9/2020) di kantor Dekranasda Sanggau—Diskominfo Sanggau

 

SANGGAU. Kedatangan Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi dan isteri ke Kabupaten Sanggau dimanfaatkan Ketua Dekranasda Sanggau, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot dan Ketua Dekranasda Kabupaten Sanggau, Arita Apolina memperkenalkan produk-produk Sanggau, Senin (21/9/2020) di kantor Dekranasda Sanggau.

“Perlu kami sampaikan bahwa hasil kerajinan di sini juga kita upayakan dari perajin-perajin dari kecamatan dan kelurahan yang juga bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Sanggau untuk hasil UP2K. Selanjutnya juga ada kelompok kuliner untuk IKM dan UKM di tempat kita ini, yang kurang lebih jumlahnya 600 lembaga untuk kegiatan tersebut,” kata Arita.

Bahkan, tambah Arita, ada beberapa yang sudah mempunyai legalitas. Termasuk untuk beberapa kategori penghargaan apresiasi tingkat nasional.

“Kalau untuk perajin Suprabakti Bandong itu sudah tingkat nasional. Kemudian untuk kuliner yang juga sudah beberapa kali mendapat penghargaan yaitu pertama; sungkui; kedua, kita sedang berupaya meningkatkan kembali untuk lempok Batang Tarang, Kecamatan Balai,” katanya.

Sementara itu, Wabup Yohanes Ontot mempaparkan kondisi geografis Kabupaten Sanggau.

“Kabupaten Sanggau terdiri dari 15 kecamatan, 163 desa dan 6 kelurahan. Tadi sudah dijelaskan oleh ibu Ketua Dekranasda Sanggau terkait seperti apa Dekranasda Kabupaten Sanggau ini,” ucapnya.

Ia juga katakan ketika melihat atau mendengar kata-kata Dekranasda ini tentu orang berpikir tempat produk dan hasil kerajinan apapun di sebuah daerahnya.

“Untuk masyarakat yang ingin membeli berupa hasil kerajinan tangan dan juga makanan khususnya khas Kabupaten Sanggau bisa membeli di Pasar Jarai,” katanya.

Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi mengakuk suatu kehormatan dan kebahagiaan pada dirinya dapat bersilahturrahmi di Kabupaten Sanggau.

“Kabupaten Mempawah kalau kita bandingkan dengan Kabupaten Sanggau ini saya pikir tidak jauh berbeda, cuman terkait wilayah yang berbeda. Kalau di Kabupaten Sanggau ada 15 kecamatan, 163 desa dan enam kelurahan. Kalau di Kabupaten Mempawah sendiri dengan luas wilayah 2.727 km, 9 kecamatan dan 60 desa, serta tujuh kelurahan,” ujar Muhammad Pagi.

Ia juga jelaskan berkaitan dengan sektor pariwisata di Kabupaten Mempawah banyak sekali muncul mangrove-mangrove.

“Dengan Kijing dijadikan pelabuhan sehingga beberapa-beberapa daerah yang dipesisir itu dijadikan mangrove-mangrove sekarang pak. Jadi untuk objek wisata dan kuliner lumayan banyak di Kabupaten Mempawah,” jelasnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Kejari Sanggau Siap Kawal dan Amankan Proyek Strategis Daerah 2024

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau selaku aparat penegak hukum siap mengawal dan mengamankan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *