Rabu , 21 Oktober 2020
Home / NEWS / Gugus Tugas Covid-19 Sanggau Masih Tunggu Hasil Swab 211 Sampel

Gugus Tugas Covid-19 Sanggau Masih Tunggu Hasil Swab 211 Sampel

Foto—Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Ginting

 

SANGGAU. Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting mengatakan, saat ini Kabupaten Sanggau masih berstatus zona hijau penyebaran Covid-19. Namun begitu, pemeriksaan Swab secara massal tetap dilakukan.

“Walaupun zona hijau, kita tidak kendor menangani Covid-19. Tiga T yaitu tracking, testing dan treatment kita tingkatkan terus pada hari-hari kedepan. Begitu juga dengan sosialisasi 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak terus kita lakukan,” katanya, Senin (21/9/2020).

Ginting mengungkapkan, pada September ini, pekan pertama ada 2 sampel Swab, pekan kedua ada 6 sampel dan pekan ketiga ada 217 sampel.

“211 sampel dikirim ke Pontianak dan 6 sampel dikirim ke Sintang. Rencananya minggu keempat kita targetkan 200 sampel,” ujarnya.

Hasilnya, dari laboratorium Untan sudah keluar delapan sampel, negatif dan enam sampel laboratorium PCR Sintang juga negatif.

“Kita masih menunggu hasil 211 sampel yang dikirim ke laboratorium Untan di Pontianak,” katanya.

Pemeriksaan Swab, lanjut Ginting, diutamakan untuk kelompok suspect atau mempunyai gejala yang dijaring melalui Puskesmas, kontak erat pasien terkonfirmasi dan kelompok masyarakat rentan penularan Covid-19.

“Kelompok masyarakat dilaksanakan secara bertahap. Mulai dari sekolah, perkantoran, terminal, pasar, warung kopi, rumah makan dan lainnya,” tuturnya.

Ginting menambahkan, untuk sekolah yang sudah di-swab yakni SMP Negeri 1 Sanggau, SMA Negeri 1 Sanggau dan SMA Negeri 2 Sanggau.

“Sekolah yang akan di-swab minggu ini yakni SMP Negeri 2 Sanggau, SMP Sugiyopranoto, SMA Negeri 3 Sanggau dan SMA Don Bosco,” tutupnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Sampaikan KUA-PPAS APBD 2021, Pemda Fokus Penguatan Ekonomi

  SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan nota pengantar Kebijakan Umum APBD dan Prioritas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *