Rabu , 21 Oktober 2020
Home / NEWS / Arita Apolina: Tunjukkan Gerakan PKK Nyata dan Bermanfaat

Arita Apolina: Tunjukkan Gerakan PKK Nyata dan Bermanfaat

Foto—Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, Arita Apolina

SANGGAU. Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sanggau, Arita Apolina hadir menyaksikan pelantikan pengurus TP PKK Kecamatan Balai, Jumat (18/9/2020) oleh Camat Balai, Poheng Gew di aula kantor Camat Balai.

Dalam sambutannya, Arita kembali menegaskan bahwa PKK adalah mitra kerja pemerintah, yang telah berupaya semaksimal mungkin dalam melaksanakan program kerja agar terlaksananya 10 program PKK, serta program pembangunan lima tahun dengan mengacu hasil Rakernas VIII PKK tahun 2015.

“Di sinilah posisi dan peluang gerakan PKK yang telah teruji selama hampir setengah abad, untuk menunjukan potensinya dalam mempersiapkan kualitas sumber daya manusia sejak dini,” terang Arita.

Para pengurus diminta memahami tugasnya dengan melihat dan mengacu pada 10 program pokok PKK.

Dikatkaan Arita, sebagai Ketua dan Wakil Ketua TP PKK harus mengoordinir keseluruhan kegiatan dan program kerja yang diprogramkan selama satu tahun, yang dituangkan dalam bentuk proposal program kerja PKK.

Sekretaris PKK diharapkan dapat memahami tugasnya mengenai administrasi, pendataan, surat menyurat, serta agenda kegiatan PKK dan dokumentasi.

“Pokja I, tugasnya arisan rutin bulanan, memahami Kadarkum, serta gotong royong di masyarakat dan pendataan kelompok Bina Kelompok Lansia (BKL). Pokja II, tugasnya pendataan pendidikan baik buta aksara, KF, paket, PAUD, sert sebagai penyuluhan atau membina kelompok UP2K, serta penyukuhan dan bentukan kelompok BKB, BKR,” sambung Arita.

Pokja III tugasnya bagaimana dapat menyosilisasikan tentang pemanfaatan pekarangan rumah tangga melalui Hatinya PKK, pelestarian toga alam, peningkatan mutu pangan dari segi protein hewani, meningkatkan dan mensosialisasi tentang gerakan makanan pangan lokal yang bergizi.

“Pokja IV, tugasnya berkaitan dengan kesehatan. Banyak hal yang harus dilakukan di Pokja IV. Harapannya melalui kader PKK, kita bisa bergerak disetiap lini baik PHBS, Kesling, Posyandu baik lansia maupun balita dan bulan Vitamin A,” jelas Arita.

Ia juga menaruh harapan besar terhadap peran dan keberadaan gerakan PKK dalam ikut menangani berbagai masalah kehidupan masyarakat kita, seperti masalah moral dan karakter keluarga, ekonomi kerakyatan, pendidikan serta kesehatan.

“Tunjukkan bahwa gerakan PKK itu nyata dan bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat secara keseluruhan. Buktikkan bahwa gerakan PKK itu sesungguhnya adalah gerakan pemberdayaan masyarakat yang dimulai dari keluarga,” ujarnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Sampaikan KUA-PPAS APBD 2021, Pemda Fokus Penguatan Ekonomi

  SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan nota pengantar Kebijakan Umum APBD dan Prioritas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *