Selasa , 26 Januari 2021
Home / NEWS / Sanggau Peroleh PATB Seluas 2.600 Hektar dari APBN, Ada Paket Lengkap untuk Petani

Sanggau Peroleh PATB Seluas 2.600 Hektar dari APBN, Ada Paket Lengkap untuk Petani

Plt. Kadishangpang Hortikan Kabupaten Sanggau, Kubin

 

SANGGAU. Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau pada tahun ini menerima program tambahan dari pemerintah pusat berupa Perluasan Areal Tambah Tanam (PATB) seluas 2.600 hektar.

“2.600 hektar luasanya untuk Sanggau. Sumbernya dari APBN,” kata Plt. Kepala Dinas Hangpang Hortikan Sanggau, Kubin kepada wartawan belum lama ini.

Kubin menjelaskan, melalui program PATB tersebut, petani akan mendapatkan bantuan paket lengkap seperti pupuk, benih, dan herbisida.

“Untuk lokasinya kita sudah punya, tersebar di 15 kecamatan di Sanggau sesuai Calon Penerima Calon Lokasi (CPCL) yang ada,” ujarnya.

Untuk syarat mendapatkan program tersebut, kelompok tani silakan mengajukan ke Penyuluh Pertanian di wilayahnya masing-masing. Kemudian penyuluh melakukan seleksi di lapangan dan dinas melakukan rekap.

“Intinya sesuai CPCL. Nanti penyuluh yang melakukan seleksi, kami hanya merekap. Dan saya tegaskan yang dapat program ini bukan individu tapi kelompok tani,” tegasnya.

Untuk kegiatan Hortikultura, tambah Kubin, ada petunjuk teknis (Juknis) yang menyatakan membolehkan lembaga atau yayasan, tokoh adat, dan tokoh masyarakat dimungkin untuk menerima bantuan.

“Tapi nanti kami akan pelajari lebih lanjut tentang aturan ini. Kita juga menyesuaikan dengan program pusat apakah program ini ada. Tapi beberapa tahun lalu ada, pengembangan ternak kambing untuk anak-anak Yayasan seperti Pesantren ataupun Pastoran dapat program itu, mungkin program itu diadopsi lagi,” pungkasnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Paolus Hadi Siap Jadi yang Pertama Disuntik Vaksin Sinovac di Sanggau

  SANGGAU. Bupati Sanggau Paolus Hadi bakal menjadi penerima pertama suntikkan vaksin Covid-19 di Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *