Sabtu , 26 September 2020
Home / NEWS / Soroti Rutan Klas IIB Sanggau Over Kapasitas, Yessy: Di Satu Sisi Saya Agak Miris

Soroti Rutan Klas IIB Sanggau Over Kapasitas, Yessy: Di Satu Sisi Saya Agak Miris

Penyerahan platkat dari Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau, Alberthus Santani Fenat kepada Anggota Komisi III DPR RI Yessy Melania Rabu (5/8/2020)—Kiram Akbar

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Anggota Komisi III DPR RI Yessy Melania kembali melanjutkan kunjungan kerja (kunker) perseorangan dalam masa reses di Kalbar. Pada Rabu, (5/8/2020), giliran Kabupaten Sanggau yang dikunjungi legislator Senayan daerah pemilihan Kalbar II ini.

Di Sanggau, Yessy mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau. Ikut mendampingi politisi Partai Nasdem ini empat orang anggota DPRD Kabupaten Sanggau masing-masing Andreas Sisen, Bambang Joko Winayu, Yuvenalis Krismono dan Yonathan Mulyadi.

Tiba di kantor imigrasi, rombongan Yessy disambut langsung Kepala Imigrasi Kelas II TPI Sanggau, Alberthus Santani Fenat bersama para Kasi. Hadir pula Kabid Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalbar, Samuel P Panggabean, Kepala Rutan Kelas IIB Sanggau, Acip Rasidi dan Kepala Rupbasan Kelas II Sanggau Nurman Rudiyanto.

Dari pertemuan tersebut, Yessy menyoroti soal kondisi Rutan dan Lapas di Kalbar yang over kapasitas.

“Secara keseluruhan saya mendapat informasi hampir 200 persen, ternyata di Rutan Sanggau juga tidak kalah, over kapasitas 150-an persen. Ini suatu hal yang harus mendapat perhatian khusus dari kita semua,” katanya.

Tak hanya over kapasitas, jumlah petugas Rutan Klas IIB Sanggau juga masih sangat kurang, jika dibanding dengan penghuni Rutan. Yessy pun berjanji akan menyuarakan hal tersebut ke kementerian terkait.

“Di satu sisi kita perlu penambahan (Rutan) karena over kapasitas. Tapi di satu sisi, saya agak miris tadi mendengar penjelasan dari Kepala Rutan, rasanya tidak ingin ditambah karena SDM kurang. Ini catatan untuk saya, ketika rapat dengan kementerian terkait saya harus menyuarakan ini,” kata dia.

Yessy juga mengapreseasi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau yang dinilainya telah memberikan pelayanan maksimal.

“Tadi saya keliling, ada toilet khusus untuk disabilitas, juga menyediakan kursi roda. Ada juga ruang khusus menyusui bagi ibu yang membawa balita ke sini. Ini harus dipertahankan, citra dan kinerja kita diperhatikan oleh masyarakat dari hal-hal kecil seperti ini,” imbuh Yessy.

Ia juga mengapresiasi penerapan protokol kesehatan yang dilakukan Imigrasi Sanggau di tengah pandemi Covid-19.

“Tadi sebelum masuk kami diminta untuk mencuci tangan, menggunakan masker dan cek suhu tubuh,” ucap Yessy.
Soal aspirasi yang disampaikan, ia mengatakan, akan dikomunikasikan dan dikoordinasikan ke kementerian terkait.

“Tadi ada beberapa aspirasi yang disampaikan kepada kami. Kami tidak berjanji, tapi dalam satu kesempatan kami akan berusaha untuk mengkomunikasikan, untuk mengkoordinasikan aspirasi tersebut,” ucapnya.

Usai meninggalkan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau, Yessy beserta rombongan bertolak menuju Rutan Kelas IIB Sanggau dan Rupbasan Kelas II Sanggau. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Ormas MKGR Kalbar Solid Dukung Adies Kadir

  KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK – Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Provinsi Kalbar, mendukung Adies Kadir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *