Selasa , 26 Januari 2021
Home / HEADLINE NEWS / Gubernur Kalbar Usulkan Realokasi Anggaran Rp295 Miliar Untuk Tangani Covid-19

Gubernur Kalbar Usulkan Realokasi Anggaran Rp295 Miliar Untuk Tangani Covid-19

M Kebing L

 

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK–Untuk menangani pandemi global Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) beserta dampaknya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar mengajukan realokasi APBD Tahun Anggaran (TA) 2020 senilai Rp295 Miliar.

“Pada prinsipnya DPRD setuju dengan usulan Pak Gubernur tersebut,” kata M Kebing L, Ketua DPRD Provinsi Kalbar, ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/04/2020).

Kebing memastikan, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Kalbar akan menggelar rapat besok, guna memberikan persetujuan terkait realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 beserta dampaknya tersebut.

Legislator PDI Perjuangan ini mengungkapkan, terkait Covid-19 ini, Eksekutif sudah mengirim dua surat usulan realokasi anggaran ke Legislatif. “Surat pertama itu dari Eksekutif melalui Sekda,” ujar Kebing.

Surat pertama itu terkait usulan pemotongan biaya perjalanan dinas di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta Peningkatan Sumber Daya Manusia (PSDM) DPRD Provinsi Kalbar.

“Surat pertama itu sudah kita sikapi, sudah disetujui. Khusus realokasi anggaran kegiatan di Sekretariat DPRD nilainya lebih dari Rp12 Miliar,” jelas Kebing.

Surat usulan realokasi anggaran yang pertama tersebut untuk pencegahan dan penanganan Covid-19. “Kemudian surat usulan kedua, total realokasi anggaran yang disampaikan Pak Gubernur itu Rp295 Miliar. Termasuk untuk penanganan dampak Covid-19 ini,” papar Kebing.

Surat tersebut, lanjut Kebing, tidak merinci pos mana saja yang akan direalokasi. “Tetapi kami yakin, dalam penyisiran anggaran ini Pak Gubernur sudah menyesuaikannya dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, mana yang boleh direalokasi dan mana yang tidak,” ucapnya.

Kebing berharap dana yang diperoleh dari realokasi APBD TA 2020 ini benar-benar dimanfaatkan untuk masyarakat Kalbar di tengah pandemi global Covid-19 ini. “Kami yakin Pak Gubernur dapat mempertanggungjawabkan penggunan dana tersebut,” tuturnya.

Selain mendukung dari sisi penyiapan anggaran, lanjut dia, DPRD Provinsi Kalbar melalui Komisi jug memberikan masukan, saran dan pendapat, baik terkait pencegahan, penanganan maupun dampak dari Covid-19. “Sudah direkap pimpinan DPRD dan akan disampaikan ke pihak Eksekutif,” pungkasnya.(dik)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Megawati Soekarnoputri Ulang Tahun, Cornelis Berikan Selamat

  LANDAK – Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Kalimantan Barat I …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *