Jumat , 25 September 2020
Home / NEWS / Mulai Hari Ini Penyemprotan Disinfektan ke Tubuh Manusia Dihentikan

Mulai Hari Ini Penyemprotan Disinfektan ke Tubuh Manusia Dihentikan

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Penyemprotan cairan disinfektan ke tubuh manusia saat ini menjadi polemik. Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting menyampaikan bahwa pada 3 April 2020 telah keluar Surat Edaran (SE) dari Menteri Kesehatan nomor HK02/111/375/2020 tentang penggunaan bilik disinfektan dalam rangka pencegahan Covid-19.

“Di situ sudah tegas disampaikan bahwa Kementerian Kesehatan tidak menganjurkan, dalam artian disinfektan ataupun disinfektasi untuk manusia tidak dianjurkan. Kalau sudah Menkes mengatakan tidak dianjurkan maka untuk apa kita lakukan,” katanya, Sabtu (4/4/2020).

Atas dasar itu diputuskan mulai saat ini tidak lagi dilakukan disinfektasi terhadap tubuh manusia. Namun, masyarakat juga tak perlu khawatir, lantaran penyemprotan yang selama ini sudah dilakukan sudah aman. Dalam arti zat dan dosis yang aman.

“Juga ketika disinfektasi itu tetap kita imbau tutup mata, tutup mulut dan tahan napas. Disemprotkan juga tak langsung kedalam tubuh. Tapi daripada menimbulkan polemik dan juga masalah dikemudian hari maka sesuai dengan surat edaran Kemenkes itu maka di beberapa posko kita ini maka penyemprotan atau disinfektasi untuk tubuh manusia dihentikan,” tegasnya.

Disinfektasi tetap dilakukan tapi untuk permukaan benda terhadap lingkungan. Tujuanya untuk mengurangi mikro organisme yang patogen termasuklah Covid-19.

“Memang disinfektasi itu tidak menghilangkan semuanya ya. Sporanya itu tetap ada, tidak menghilangkan semuanya tapi setidaknya mengurangi. Tapi itu khusus untuk permukaan-permukaan yang sesuai dengan mekanisme penyebaran Covid-19 ini,” terangnya.

Ginting kembali menegaskan dari tadi malam pihaknya sudah mengimbau dan sampaikan ke posko agar tidak lagi menyemprotkan cairan disinfektan untuk manusia. Begitu juga bilik disinfektan.

“Kalau Menkes mengatakan tidak dianjurkan berarti lebih banyaklah mudaratnya daripada manfaatnya,” pungkas Ginting. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Plt. Kadishangpang Hortikan Sanggau: Tahun Depan Kita Targetkan 80 Hektar PLTB

  SANGGAU. Meski masih dicengkram pandemi Covid-19, program Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) tak berarti …

Satu komentar

  1. Beberapa waktu yang lalu publik sempat dihebohkan tentang adanya bahaya yang terkandung dalam cairan desinfektan bagi tubuh manusia. Menanggapi hal tersebut pakar dari Universitas Airlangga menginisiasi cairan antiseptik yang aman dan ramah lingkungan bagi bilik sanitasi. Baca selengkapnya disini http://news.unair.ac.id/2020/04/27/pakar-unair-inisiasi-pembuatan-anolyte-disinfektan-yang-aman-dan-ramah-lingkungan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *