Sabtu , 3 Desember 2022
Home / HEADLINE NEWS / Masyarakat Landak Diminta Periksa Kesehatan Diri Jika Alami Gejala Sakit Mirip Covod-19

Masyarakat Landak Diminta Periksa Kesehatan Diri Jika Alami Gejala Sakit Mirip Covod-19

Ruang isolasi RSUD Landak
Ruang isolasi RSUD Landak

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK Merebaknya isu corona atau covid-19 yang menyerang beberapa negara bagian didunia  salah satunya Indonesia, membuat penangana corona yang dilakukan oleh pemerintah semakin gencar dilakukan.

Di Kalimantan Barat, Gubenur Kalbar Sutarmidji bahkan telah mengeluarkan himbauan bagi warganya agar tidak bepergian untuk sementara waktu ke luar negeri maupun daerah yang terjangkit virus corona.

Tidak hanya itu,  kebijakan meliburkan proses belajar mengajar di sekolah juga dilakukan guna meminimalisir penyebaran covid-19 yang sudah merambah hingga wilayah Kalimantan Barat.

Sementara itu menyikapi kondisi tersebut di Kabupaten Landak, pihak Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Landak juga telah melakukan sejumlah persiapan sejak jauh hari termasuk dengan menyediakan ruang isolasi bagi pasies saspek corona jika ditemukan adanya kasus yang terjadi di wilayah Kabupaten Landak.

“Dalam penanganan covid-19 ini, kami juga sudah mempersiapkan untuk melaksanakannya sesuai standar, seperti ruangan isolasinya kami persiapkan, kemudian APD untuk tenaga kesehatan sudah kami siapkan, alat-alat untuk penanganan pasien termasuk sampai ke proses strerilisasinya tentu saja alat-alat kesehatan yang digunakan untuk merawat dan menangani pasien harus distrelikan untuk mencegah penularan,” jelas Direktur RSUD Landak dr Wahyu Purnomo

Selanjutnya Direkrut RSUD Landak dr Wahyu Purnomo juga meminta bagi warga yang merasa mengalami gejala penyakit mirip corona seperti batuk, demam, hingga sesak nafas di tambah dengan adanya riwayat bepergian ke luar negeri maupun wilayah terjangkit corona agar dapat memeriksakan kesehatan mereka di pusat kesehatan masyarakat ataupun langsung ke RSUD Landak untuk selanjutnya dapat ditangani sesuai prosedur SOP yang berlaku.

“Bagi masyarakat yang mengeluh batuk, demam, sesak nafas dan riwayat bepergian keluar negeri atau daerah terjangkit corona dalam kurun waktu 2 minggu sebelum gejala muncul silahkan memeriksakan diri ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat. Puskesmas dan RSUD siap menangani sesuai prosedur yang berlaku,” tambah dr Wahyu Purnomo.

Meski hingga saat ini belum ditemukan adanya kasus warga Kabupaten Landak yang menghidap covid-19, namun pihak rumah sakit umum daerah Kabupaten Landak meminta warga untuk dapat melakukan langkah antisipasi dini dengan tetap memberlakukan pola hidup bersih dan sehat.

“Pola hidup bersih dan sehat yang harus dilakukan seperti makan makanan yang bergizi, dengan istrirahat yang cukup, dan menjauhi kebiasaan yang kurang sehat, seperti merokok misalnya, apabila kita melakukan kebiasaan yang sehat mudah-mudahan virus apapun yang masuk ditubuh kita bisa disembuhkan, karena prinsipnya virus corona ini bisa disembuhkan oleh daya tahan tubuh kita,” tutup Wahyu Purnomo (Sab).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Gelar Paripurna Pemberhentian Haji Samiun Digelar, Tinggal Tunggu Surat Pengangkatan

  KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. DPRD Kabupaten Sanggau menggelar rapat paripurna pemberhentian dengan hormat Haji Samiun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *