Jumat , 26 April 2024
Home / LANDAK / Karolin Tegaskan Pemkab Landak Siap Lakukan Penagangan Dini Virus Corona

Karolin Tegaskan Pemkab Landak Siap Lakukan Penagangan Dini Virus Corona

 Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa
Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa menegaskan Pemerintah Kabupaten Landak siap melakukanan penanganan dini terhadap warganya jika ada terindikasi atau terpapar virus corona (Covid-19). Hal itu disampaikan Bupati Landak saat menerima kunjungan kerja anggota komisi IX DPR RI Dapil Kalimantan Barat 1 fraksi Partai Keadilan Sejahtera H. Alifudin yang melakukan reses di Kabupaten Landak, Selasa (10/3/2020).

“RSUD Landak sudah siap melakukan penanganan, kami sudah mempersiapkan ruang isolasi, kemudian menyiapkan pelindung untuk tenaga kesehatan yang akan berkontak langsung dengan pasien suspect corona virus (Covid-19),” tegas Bupati Landak.

Selain itu, Bupati Landak menyampaikan sudah mengimbau seluruh puskesmas untuk mengikuti ketentuan protokoler yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dalam melakukan deteksi dini dan penanganan jika ada pasien terindikasi terkena Corona virus.

“Kami sudah mengimbau seluruh puskesmas agar mengikuti protokoler yang sudah ditetapkan oleh Kementerian kesehatan dalam mendeteksi dini dan penanganan yang cepat terhadap corona virus,” ujar Karolin.

Di Kabupaten Landak sendiri saat ini sudah dilakukan pengawasan terhadap dua warga yang baru pulang berkunjung dari Tiongkok. Setelah dilakukan pengecekan Karolin menyampaikan tidak ditemukan gejala penyakit yang disebabkan virus Corona oleh oleh keduanya.

“Saat ini kita sedang berusaha untuk mengantisipasi penyebarluasan virus corona yang sudah mendunia, di kabupaten Landak kita sudah melakukan pengawasan terhadap dua orang yang baru pulang dari Tiongkok. Setelah dua minggu kita awasi termasuk kita lakukan pemberitahuan untuk melakukan isolasi dini, tetapi ternyata tidak ada gejala-gejala dan yang bersangkutan dinyatakan sehat sampai saat ini,” terang Karolin.

Dalam hal ini Bupati Landak menyampaikan pihaknya hanya sebatas melakukan penanganan dini, jika ada ditemukan pasien terinfeksi virus Corona maka akan segera melakukan rujukan pada Rumah Sakit Soedarso Pontianak sesuai prosedur.

“Mudah-mudahan tidak ada kasus, dan jika ada ditemukan akan kita rujuk ke Rumah Sakit Soedarso sesuai dengan protokoler yang ditetapkan,”kata Karolin.

Berkaitan dengan kegiatan reses yang dilakukan anggota komisi IX DPR RI Dapil Kalimantan Barat 1 fraksi PKS H. Alifudin ini turut dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Wakil Ketua DPRD kabupaten Landak, Forkopimda Landak, Pimpinan BPJS Ngabang, dan turut menghadirkan para Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekda serta Kepala OPD dilingkungan pemerintah kabupaten Landak.

Sesuai dengan bidang tugasnya, salah satu yang diurus Komisi IX DPR RI yaitu berkaitan dengan bidang kesehatan. Terkait maraknya virus Corona saat ini, anggota Komisi IX DPR RI fraksi PKS H.Alifudin mengatakan akan langsung meninjau rumah sakit umum daerah Landak untuk memastikan kesiapan dalam mengantisipasi penyebaran visrus Corona.

“Sudah amanah dari pimpinan komisi kami bahwa kunjungan ini dimanfaatkan untuk mengecek sejauh mana kesiapan kita untuk mengantipasi. Kami dari komisi Sembilan diminta untuk mengecek Dapil dan berkunjung ke rumah sakit sudah sejauh mana persiapan menghadapi virus Corona ini,” ucap Alifudin (Sab).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Kejari Sanggau Siap Kawal dan Amankan Proyek Strategis Daerah 2024

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau selaku aparat penegak hukum siap mengawal dan mengamankan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *