Sabtu , 20 April 2024
Home / LANDAK / Karolin Dukung Pengembangan Kopi di Landak

Karolin Dukung Pengembangan Kopi di Landak

de8ea41d-268d-4d4d-8172-223533469a9a

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK, Bupati Landak Karolin Margret Natasa Menerima kunjungan dan pemaparan program kerjasama kemitraan PT.Sulotco Jaya Abadi yang berhomebase dì Toraja. Kehadiran perwakilan PT.Sulotco Jaya Abadi ini disambut baik dan positif oleh Bupati Landak.

Dalam audensinya PT Sulotco Jaya Abadi, hari ini menyampaikan pemaparan rencana sistem kerja sama dgn Pemda Landak di ruang rapat Bupati, pada hari ini kamis 27 Februari 2020 pukul 13.00 WIB.

PT.Sulotco Jaya Abadi merupakan Perusahaan pemegang Hak Guna Usaha (hgu) atas tanah seluas kurang lebih 1.200 hektar yang merupakan peninggalan Belanda yang menjadi lahan perkebunan Kopi Arabika Toraja terbesar di Tana Toraja yang terletak di Bolokan Lembang Tiroan, Kecamatan Bittuang, Tana Toraja.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1986 dengan memegang Akta Notaris No 2 Tahun 1986. PT Sulotco adalah satu dari tujuh anak perusahan PT Kapal Api Global (KAG) yang merupakan produsen kopi kemasan Kapal Api.

PT.Sulotco sendiri berencana akan bekerjasama dengan Pemda Landak untuk membuka kebun kopi dan pendampingan petani kopi hingga pembelian hasil kebun kopi di Kabupaten Landak.

Pada tahap awal kopi jenis Robusta akan kita coba budidayakan di daerah Kumpang Tengah, Kecamatan Sebangki. Dan tidak menutup kemungkinan akan dibuka kebun kopi di beberapa wilayah di Kabupaten Landak.

Dalam paparan ini hadir perwakilan dari PT.Sulotco Jaya Abadi, Senior Direktur Samuel Karundeng yang sudah menggeluti kopi di Kapal Api sekitar 40 tahun, hadir juga 2 orang dari bagiam Research & Development Ita Purwanti dan Agnes Hoki, beserta 2 tim lapangan yang juga sudah mengeluti dunia kopi selama 31 tahun, Julius dan Paulus. Pada paparan kali ini turut hadir Dinas Pertanian dan Perkebunan, para Kades dan Para Camat, di antara nya: kades Kumpang Tengah Martius,SE, Kades Agak F.Agen,Kades Raba Suparda, Kades Sebangki Aren Pagea, Camat menjalin Hendry, Camat sebangki Y.F Surifin, Kadis perkebunan Alpius, Bappeda Julimus, Dinas pertanian perikanan dan Ketahanan Pangan.

Dalam paparannya Samuel Karendeng, menyampaikan bahwa Kabupaten Landak sangat besar potensinya untuk dikembangkan budidaya kopi. Apalagi kami telah melakukan survey beberapa kali di Kab.Landak ini, alam dan tanahnya sangat mendukung. Besar harapan kami dari PT.Sulotco Jaya Abadi, agar Kab. Landak bisa menjadi sentra produksi kopi Robusta terbesar di Indonesia, yang selama ini di pegang wilayah Lampung.

Disela sela paparan para tamu yang hadir disuguhkan kopi produksi Kapal Api, dan secara simbolis pihak PT.Kapal Api Global memberikan sample produksi kopi kepada Bupati Landak.

“Terima kasih atas kehadiran Tim PT.Sulotco Jaya Abadi ke Kabupaten Landak, kami prinsipnya siap bekerjasama dalam pengembangan budidaya kopi di sini”, pungkas Karolin Margret Natasa. (rilis)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *