Rabu , 24 April 2024
Home / NEWS / Alipius: Silakan Investasi di Sanggau, tapi…

Alipius: Silakan Investasi di Sanggau, tapi…

Foto---Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sanggau, Alipius.
Foto—Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sanggau, Alipius.

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Seperti pemerintah pusat, Pemkab Sanggau juga membuka ruang selebar-lebarnya bagi investasi. Meski begitu, ada hal-hal yang harus diindahkan para investor jika ingin menanamkan modalnya di Kabupaten Sanggau. Satu di antara nya adalah kearifan lokal dan budaya setempat.

“Meski setiap investor bisa mengajukan kapan saja asal mengurus persyaratan perizinan yang sudah dipersiapkan,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sanggau, Alipius belum lama ini.

Alipius mengaku saat ini sedang menyusun rencana umum penanaman modal (RUPM) yang didalamnya memuat potensi-potensi investasi di Kabupaten Sanggau untuk disosialisasikan kepada masyarakat dan investor. Selain itu, ia juga memastikan proses perizinan cepat dan mudah.

Alipius menyebut lambannya pertumbuhan investasi di daerah lantaran daerah tidak lagi memiliki kewenangan mengeluarkan izin investasi.

“Semua izin investasi apalagi yang skala besar itu sudah menjadi kewenangan Pemerintah Pusat, seperti pertambangan, mineral, energi dan sebagainya, termasuk juga investasi di bidang perkebunan. Kewenangan kita hanya berkaitan dengan lingkungan dan pemberiaan tata ruang,” ungkapnya.

Sesuai kewenangannya, agar investasi yang masuk tidak mengganggu kearifan lokal, akan dilakukan beberapa langkah.

“Waktu mereka meminta kesesuaian tata ruang, kita akan melihat petanya. Apakah lokasi yang akan digarapnya untuk dijadikan HGU bersentuhan atau tidak dengan kawasan-kawasan yang diakui secara adat atau kearifan lokal seperti Tembawang atau hutan adat. Jika bersentuhan kami minta dilakukan inclub atau tidak boleh dikelola, itu komitmen kami Pemerintah Daerah,” tegasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Christi Tentodi Raih Juara I Sayembara Video Klip Mars Kota Sanggau

    KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Sejak pertama kali dinyanyikan pada hari jadi ke 401 Kota Sanggau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *