Sabtu , 20 April 2024
Home / NASIONAL / Pemuda Katolik Tolak Praktik Intoleransi di Indonesia

Pemuda Katolik Tolak Praktik Intoleransi di Indonesia

Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik dr. Karolin Margaret Natasa menyerahkan aspirasi dan catatan sejumlah persoalan kepada Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi di Jakarta, Rabu (12/2). Foto: Dok. Pemuda Katolik
Ketua Umum Pemuda Katolik dr. Karolin Margret Natasa menyerahkan aspirasi dan catatan sejumlah persoalan kepada Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi di Jakarta, Rabu (12/2). Foto: Dok. Pemuda Katolik

 

KALIMANTAN TODAY, JAKARTA – Pengurus Pusat Pemuda Katolik bersikap tegas menolak adanya upaya gerakan intoleransi yang ada di Karimun dan juga berbagai wilayah di Indonesia karena itu dapat memecah belah kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Negara harus hadir dan konstitusi menjamin adanya kebebasan dalam hidup beragama di Republik Indonesia, “ ungkap Ketua Umum dr. Karolin Margret Natasa saat melakukan pertemuan audiensi ke Wakil Mentri Agama Bapak Zainut Tauhid Sa’adi di ruang Wamen Kementerian Agama di Jakarta, Rabu (12/2/2020)

Mengenai permasalahan penolakan pembangunan Gereja Karimun di Kepulauan Riau. Pemuda Katolik juga telah melakukan pendampingan terkait proses pembagunan gereja tersebut melalui para kader dan Pengurus Komisariat Cabang Kab. Karimun Komda Kepulauan Riau.

Dalam kesempatan tersebut Karolin yang juga menjabat sebagai Bupati Kabupaten Landak menyampaikan apresiasinya terhadap Kementerian Agama salah satunya terkait Pembinaan di lingkungan Dirjen Bimas Katolik yang saat ini sudah ada PLT baru yang telah ditunjuk.

Karolin minta Kementerian agama untuk dapat memperhatikan pembinaan para ASN di Dirjen Bimas Katolik dan seluruh Kakanwil di berbagai daerah seluruh Indonesia. Harapanya semakin banyak ASN beragama katolik yang memiliki jenjang karir yang terpadu dalam membantu dan menunjang kinerja kerja pemerintah khususnya di lingkungan Kementerian Agama RI.

Dalam pertemuan tersebut PP Pemuda Katolik juga menyampaikan secara garis besar Organisasi Pemuda Katolik selama 75 Tahun Pemuda Katolik berkiprah di indonesia belalui berbagai program dan karya nyata serta kaderisasi yang terus dilakukan untuk menjadi Pemuda Katolik yang memiliki banyak kontribusi pada masyarakat dan bangsa. Dalam kesempatan tersebut pula Pemuda Katolik akan menyelenggarakan Rapimnas I di Riau pada tanggal 8-10 Mei 2020 dengan tema “Menciptakan Pemuda Katolik yang Unggul Untuk Indonesia Maju” serta menentukan langkah dan kebijakan stategis pemuda Katolik yang tersebar di seluruh Indonesia.

BACA: Ketua Umum Pemuda Katolik Tuntut Penjelasan Menag Soal Penunjukan Dirjen Bimas Katolik

BACA: Kemenag Akui Khilaf Menempatkan Pejabat Muslim Sebagai Dirjen Bimas Katolik

Sementara Wakil Mentri Agama Bapak Zainut Tauhid Sa’adi menyampaikan terimakasih atas silahturahmi dan kunjungan persaudaraan ini. Kementerian Agama berkomitmen untuk memiliki perhatian yang serius terhadap penyelesaian yang dapat di terima para pihak yang bertentangan. Kami terus melakukan mediasi yang intensif demi memperoleh titik temu setiap perbedaan, sambil tetap menghormati proses pengadilan TUN yang sedang berjalan.

“Sebagai Wakil Ketua Umum MUI, saya juga akan berupaya mensinergikan dan mendorong keterlibatan yang positif dari MUI Provinsi Kepri dalam penyelesaian permasalahan ini,” ungkap Zainut Tauhid

Mengenai jenjang karir pejabat di Bimas Katolik, Kementerian Agama selalu mendengar dan berupaya merespon dengan cepat dan tepat setiap aspirasi dari masyarakat, dengan tetap mempertimbangkan seluruh regulasi yang ada dan juga berkomitmen dalam membangun pembinaan seluruh ASN di lingkungan Kementerian Agama.

Problematika hubungan antar umat beragama memang hal yang sensitif, karena beragamnya karakter pemeluk agama di setiap agama, serta bervariasinya distribusi pemeluk agama di Indonesia yang menimbulkan adanya minoritas dan mayoritas di suatu daerah.

“Apa yang dialami mayoritas pemeluk suatu agama di daerah tertentu kadang di alami pula saat mereka menjadi minoritas di daerah lain. Begitu juga sebaliknya.’’ujar Bapak Zainut Tauhid yang pernah 4 Periode menjadi Anggota DPR RI dan Mantan Ketua Umum 2 Periode di IPPNU ini.

Zainut Tauhid mengatakan sebagaimana Bangsa ini telah membuktikan dari banyaknya catatan riwayat keberhasilan masa lalu dalam penyelesaian konflik-konflik antar umat beragama dengan menggunakan jalan musyawarah mufakat yang merupakan karakter khas bangsa kita yang senantiasa mengutamakan kesesuaian, kesamaan, dan kesepakatan, dengan menolak pendekatan kekerasan.

Dalam pertemuan tersebut hadir Wasekjend PP Pemuda Katolik yang juga Ketua Komda DKI Jakarta Bondan Wicaksono, Ketua Lembaga Hubungan Antar Alumni PP Pemuda Katolik Alfonsus Beo Say dan Ketua Komcab Kab. Karimun Vadarones Purba. (lukas)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *