Sabtu , 20 April 2024
Home / BENGKAYANG / 386 Guru Kontrak Ikut Uji Kompetensi

386 Guru Kontrak Ikut Uji Kompetensi

4f67d93a-d176-4a94-b26a-4e972c02b1c0
KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Sebanyak 382 tenaga guru kontrak daerah mengikuti pembinaan dan uji kompetensi guru kontrak daerah dari angkatan 2014 dan 2018, di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaaa kabupaten Bengkayang, Selasa (21/1).

Uji kompetensi guru tersebut dilakukan untuk untuk melihat sejauh mana kemampuan guru selama ini, dan uji kompetensi ini juga sebagai bahan evaluasi untuk kelanjutan kontrak. Karena setiap tahunnya guru kontrak akan di SK-kan kembali.
Dalam uji kompetensi para guru kontrak ini, peserta akan menjawab soal yang diberikan dalam bentuk menuangkan ide dan gagasan, bukan bentuk pilihan ganda. Tetapi lebih mendiskripsikan secara komprehensif pengabdian diri selama mengajar sebagai guru kontrak.
Menurut Plt. Dinas Pendidikan dan Kebudayaaa kabupaten Bengkayang, Gustian Andiwinata menyatakan, uji kompetensi guru kontrak ini adalah salah satu tahapan yang harus dilewati, karena setiap tahun SK-kan kembali guru-guru kontrak tersebut termasuk honor kantor.

“Untuk guru kontrak, mengapa kita harus tes atau ujian ulang karena kita melihat kompetensi mereka dalam rangka membangun pendidikan di kabupaten Bengkayang ini dari sisi kemampuannya. Apakah mereka masih bertahan dari awal sampai hari ini, baik loyalitas, kompetensi dan kerajinannya di sekolah. Itu perlu kita lihat ulang,” ujar Gustian Andiwinata.

Lanjut Gustian, tes tersebut bukan semata-mata untuk menguji kompetensi guru yang sudah ada, tetapi juga untuk melihat perkembangan kurikulum dan menyesuaikan dengan perangkat yang baru, apakah guru kontrak tersebut akan mampu menyesuaikan dengan perubahan yang ada sekarang ini.

“Nanti jika hasil tes mereka dibawah passing grade akan ada pertimbangan, bukan semata dari hasil tes yang dilakukan hari ini saja. Kita akan ada juga menilai dari kerajinan di sekolah dan latarbelakang lainnya, sifat dan tingkah laku selama menjadi guru kontrak itulah yang akan kita kumpulkan, dan itu nanti secara kumulatif yang menyatakan guru bersangkutan lolos atau tidak. Jadi banyak sisi, bukan hanya dari tes ini saja,” ujar Gustian.

Selain untuk menguji guru, uji kompetensi ini juga untuk pemerataan guru yang kadang numpuk di salah satu sekolah, dan evaluasi kinerja selama atau tahun sebelumnya.

Dengan uji kompetensi ini diharapkan perbaik-perbaikan kualitas guru kontrak dan kinerjanya. “Dan uji kemampuan nya dalam proses ngajar- mengajar, serta inovasi pembelajaran,” kata Plt. Dinas Pendidikan dan Kebudayaaa kabupaten Bengkayang, Gustian Andiwinata.

Gustian berharap dengan adanya uji kompetensi ini, dapat mendorong dan memperbaiki kinerja para guru, supaya guru dapat terus melakukan inovasi pembelajaran di sekolah.

“Kita harap kemampuan guru kontrak terus meningkat, dan mampu menjadi pendidik yang berkualitas bagi siswa,” pungkasnya.
Sementara itu, Kasi PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaaa kabupaten Bengkayang, Aleksander Budi Trihartono menyatakan, uji kompetensi bagi guru kontrak tersebut didasari oleh banyaknya laporan guru kontrak yang masuk ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaaa. Ia menyatakan, laporan masuk tersebut karena banyak guru yang tidak disiplin, kurang berinovasi, serta kurang meningkatkan kompetensi diri. Padahal katanya, kompetensi diri itu sangat penting bagi seorang guru.

“Dengan uji kompetensi ini kita ingin melihat peningkatan kompetensi mereka. Kami juga banyak menerima laporan bahwa banyak guru kontrak yang kurang disiplin dan curi jam ngajar untuk bolos. Inilah latar belakang kita melakukan uji kompetensi guru,” ucapnya.
Alexander menambahkan, guru kontrak yang tidak lulus uji kompetensi akan ada pertimbangan lain seperti pengabdian mengajar, kerajinan, perilaku, kompetensi disekolah dan inovasi. (Titi)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Disperindagkop dan UM Sanggau Kembali Gelar Operasi Pasar

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Operasi pasar guna pengendalian inflasi daerah jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *