Rabu , 24 April 2024
Home / LANDAK / Sejumlah Supir Bus di Landak Jalani Tes Urine

Sejumlah Supir Bus di Landak Jalani Tes Urine

80dfc838-e941-4759-bd03-06559ec7f16c

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Pemerintah Kabupaten Landak menggelar tes urine dan pemeriksaan kesehatan bagi para sopir bus antar kota di Terminal Ngabang, Senin (23/12/2019). Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat kondisi pengemudi yang kurang sehat maupun di bawah pengaruh obat-obatan terlarang atau narkotika.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) bekerjasama dengan Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Landak serta tim medis dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Landak tersebut berjalan aman dan lancar. Kepala Dinas Perhubungan, Jaya Saputra mengatakan dari 10 sopir yang diperiksa oleh petugas medis RSUD Landak, semua sopir dalam keadaan sehat.

“Kegiatan ini kita laksanakan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan untuk angkutan penumpang jenis bus dan hasil yang kita dapat dari pemeriksaan secara acak tersebut hasilnya negatif,” ujar Jaya.

Lebih lanjut dirinya juga mengatakan selain faktor kesalahan manusia juga kecelakaan dapat terjadi akibat kondisi kendaraan yang tidak laik jalan.

“Kecelakaan ini dapat terjadi kapan saja, dimana saja yang penyebabnya bermacam-macam selain faktor kelalaian manusianya juga kondisi kendaraan harus dipersiapkan secara khusus apalagi menjelang hari raya begini pastinya banyak penumpang oleh sebab itu perlu kami sarankan untuk memeriksa kendaraanya” lanjutnya.

Peningkatan arus lalu lintas pada musim mudik Natal memang belum terlihat saat ini. Namun, ia melanjutkan, pihaknya tetap berusaha meminimalisasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Namun demikian, meskipun tidak ditemukan pelanggaran tersebut maka akan lebih baik para sopir bus untuk tetap menjauhi obat-obatan terlarang.

“Apabila sopir yang bersangkutan menggunakan obat-obatan terlarang akan dilakukan penindakan dan apabila kondisi kesehatannya tidak baik maka sebaiknya istirahat karena jika dipaksakan maka akan membahayakan para penumpang dan juga sopir bus itu sendiri,” pintanya.

Sementara itu, Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan tersebut untuk mendukung kelancaraan arus mudik penumpang.

“Tentunya kita tidak ada yang menginginkan kecelakaan tetapi hal tersebut bisa terjadi akibat bermacam faktor salah satunya kesalahan orangnya yang membawa kendaraan dalam kondisi kesehatan yang tidak baik apalagi dalam pengaruh alkohol dan juga narkotika. Oleh sebab itu apa yang telah dilakukan Dishub, Polres dan RSUD Landak pada hari ini perlu kita dukung bersama untuk menciptakan lancarnya arus mudik menjelang Natal dan Tahun Baru,” papar Karolin saat dihubungi secara terpisah oleh Media Center.

Seperti diketahui hasil dari pantauan Media Center dilapangan untuk saat ini peningkatan arus lalu lintas hanya terjadi dalam wilayah Pasar Ngabang, hal ini terjadi akibat banyaknya masyarakat menggunakan roda dua yang berbelanja dalam rangka persiapan hari raya Natal dan Tahun Baru (Sab).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Direktur RSUD M.Th Djaman Tegaskan Siap Layani Pasien DBD Jika Ada Lonjakan

    KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Direktur Rumah Sakita Umum Daerah (RSUD) M.Th. Djaman, Roy Naibaho menegaskan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *