Kamis , 24 September 2020
Home / LANDAK / Karolin Bantu Warga Korban Banjir di Desa Sekendal

Karolin Bantu Warga Korban Banjir di Desa Sekendal

ddd7ea6b-180c-4c36-b2f9-e25d6dd4e418

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK– Tingginya curah hujan diakhir tahun 2019 menyebabkan banjir terjadi di Desa Sekendal, Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak. Banjir yang menyebabkan terendamnya rumah warga langsung direspon oleh tim tanggap darurat bencana.

Dari hasil pantauan yang didapat bahwa ada 3 RT yang terdampat banjir dengan total 115 kepala keluarga. Kepala Desa Sekendal, Markus Pasaribu menyampaikan untuk saat ini pihaknya sudah turun langsung melihat warganya.

“Seperti yang kita lihat bahwa tinggi air ini mencapai sekitar 150 cm, banjir ini disebabkan hujan yang mengguyur wilayah kita serta ditambah dari hulu sungai landak. Bersama tim tanggap darurat, kami baru saja melihat langsung warga yang terdampak banjir tersebut dan mudahan hujan tidak kembali turun untuk 1-2 hari ini,” jelas Markus, Senin (9/12/2019).

Lebih lanjut Markus juga mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima bantuan dari Bupati Landak melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Landak dan sudah mulai dikelola untuk mendirikan dapur umum.

“Saat terjadi banjir tersebut, kami langsung menghubungi Camat Air Besar beserta tim lainnya dan akhirnya mereka turun langsung merespon bencana tersebut. Puji Tuhan kami juga sudah menerima bantuan dari Bupati Landak melalui BPBD Landak berupa beras 200 Kg, 5 dus mie instan untuk keperluan dapur umum, serta pelayanan medis bagi warga yang membutuhkan,” ujarnya.

Heri Sarkinom, Camat Air Besar saat dimintai keterangan menyampaikan bahwa pihaknya langsung turun mengingat masuknya laporan dari masyarakat guna melihat kondisi Desa Sekendal.

BACA: Bupati Landak Terima PGRI AWARD

“Dalam beberapa hari ini curah hujan cukup tinggi dan kita sangat mengantisipasi beberapa wilayah yang rawan banjir. Setelah mendapat laporan dari Kepala Desa Sekendal, kita langsung turun bersama pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Serimbu melihat langsung bencana tersebut. Kita juga sudah mendirikan posko kesehatan yang ditangani tim medis dari Puskesmas Serimbu selain itu bantuan untuk keperluan dapur umum serta bantuan teknis (BPBD) juga sudah kita dapat dari Bupati Landak” ujar Heri.

Sementara itu Bupati Landak Karolin Margret Natasa saat ditemui menyampaikan apresiasinya kepada tim tanggap darurat Kecamatan Air Besar yang telah merespon langsung laporan masyarakat.

“Bencana banjir yang terjadi dibeberapa wilayah Kabupaten Landak tentunya harus disikapi secara cepat dan serius dan kami sangat mengapresiasi aksi tim tanggap darurat seperti di Desa Sekendal, Kecamatan Air Besar yang telah bergerak cepat ke titik lokasi,” ujar Bupati Landak.

Bupati Karolin juga berharap masyarakat utuk lapor segera pada camat, kepala desa setempat untuk dibantu dalam penanganan banjir yang terjadi.

“Jika wilayahnya terkena banjir maka masyarakat harus segera lapor kepada kepala desa, camat diwilayahnya dan jika perlu hubungi BPBD Kabupaten Landak,” pinta Karolin (Sab).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Mubes PDKS Digelar 28 September, Krismono: Pemilihan Ketua, Pertanggungjawaban dan Program Kerja

  SANGGAU. Panitia Musyawaran Besar (Mubes) Pemuda Dayak Kabupaten Sanggau (PDKS) memastikan pelaksanaan Mubes bakal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *