Kamis , 12 Desember 2019
Home / NEWS / 11 Desa di Sanggau Rentan Pangan

11 Desa di Sanggau Rentan Pangan

Kadis Hangpang Hortikan Kabupaten Sanggau, H. John Hendri
Kadis Hangpang Hortikan Kabupaten Sanggau, H. John Hendri

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU –  Sebanyak sebelas desa di Kabupaten Sanggau masuk dalam kategori rentan pangan. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Sanggau, John Hendri dalam Rakor DKP, Selasa (3/12) di aula lantai I kantor Bupati Sanggau.

Sebelas desa tersebut adalah: Desa Idas Kecamatan Noyan, Desa Semirau Kecamatan Jangkang, Desa Pisang Kecamatan Jangkang, Desa Empiyang Kecamatan Jangkang, Desa Semobat Kecamatan Jangkang, Desa Selampung Kecamatan Jangkang, Desa Terati Kecamatan Jangkang, Desa Lintang Pelaman Kecamatan Kapuas. Desa Rambin Kecamatan Kapuas, Desa Melugai Kecamatan Tayan Hilir dan Desa Cupang Kecamatan Meliau.

“Rentan itu jangan diartikan tidak ada beras atau bahan pangan lainnya, bukan begitu. Rentan yang dimaksud itu adalah kebutuhan pangan di Desa itu sulit didapat karena ketersediaannya itu tidak ada,” terangnya pada awak media usai Rakor.

Untuk mengatasi hal itu, DKP meminta semua instansi terkait untuk menyusun program ketahanan pangan.

“Melalui instansi masing-masing. Contoh misalnya jika kita bicara akses, maka instansi seperti Bina Marga yang membangun jalan antar kampung dan itu harus menjadi program mereka,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau itu.

BACA: Karolin Apresiasi Penyelesaian Sengketa Tanah di Desa Sekendal Dengan Cara Hukum Adat

BACA: Partai Golkar Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah Pilkada 2020

John Hendri menyebut, ada tiga indikator yang menyebabkan suatu desa itu rentan pangan dan ini menjadi pilar ketahanan pangan. Faktor tersebut, yaitu ketersediaan pangan, akses/distribusi dan terakhir adalah pemanfaatan pangan atau konsumsi.

“Misalnya di suatu desa itu tak punya akses berupa infrastruktur atau tidak ada warung yang menyediakan kebutuhan pangan di situ, ini kan masalah juga. Harapan saya di setiap warung itu menjual kebutuhan pangan, baik susu, ikan, daging, telur dan lain sebagainya,” ujar John.

Sementara itu, Pj Sejda Sanggau Kukuh Triyatmaka ketika membuka Rakor meminta DKP meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Sanggau dari prioritas satu, prioritas dua hingga ke tingkat aman. Melalui rakor inu juga dapat dirumuskan program kerja ke depan yang mampu meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Sanggau.

“Langkah pertama pemetaan, langkah ke dua program ke depan dan itu harus dilakukan gotong royong antar instansi terkait,” tegasnya.

Hadir dalam rakor tersebut, selain Sekretaris Dewan Ketahanan Pangan H. John Hendri, hadir juga Pj Sekda Sanggau, Kukuh Triyatmaka, Pasiter Kodim 1204/Sgu Kapten Eko, Kasat Intelkam Polres Sanggau Iptu. Suprapto, para asisten dan staf ahli bupati, dinas/instansi terkait, dan pihak perbankan. (Ram)

Tentang REDAKSI

Cek Juga

Hadapi Pilkada, PSI Siap Bangun Komunikasi Dengan Parpol

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Jelang Pilkada tahun 2020 di kabupaten Bengkayang, Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *