Kamis , 12 Desember 2019
Home / NEWS / Terpilih Sebagai Ketua Ansor, Amin Sukur: Innalillahi wa Inna Ilaihi Roji’un

Terpilih Sebagai Ketua Ansor, Amin Sukur: Innalillahi wa Inna Ilaihi Roji’un

 

Foto--Pemberian ucapan selamat kepada Ketua PC Ansor yang baru oleh pengurus NU, Ansor dan Banser, Minggu (30/12)
Foto–Pemberian ucapan selamat kepada Ketua PC Ansor yang baru oleh pengurus NU, Ansor dan Banser, Minggu (30/12)

 

KALIMANTAN TODAY,SANGGAU – Gerakapan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sanggau pada Sabtu (30/11) sore menggelar Konfercab V di lantai dua Gedung PCNU Kabupaten Sanggau jalan Ahmad Yani Kelurahan Ilir Kota.

Hadir dalam Konfercab tersebut, Ketua PCNU Kabupaten Sanggau H. Toyib Saefuddin Al – Ayubi, Sekretaris PCNU Kabupaten Sanggau H. M. Yusuf, Ketua PW GP Ansor Provinsi Kalimantan Barat, M. Nurdin, Wakasat Banser Yogi, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Sanggau Hamka Surkati beserta jajaran pengurus GP Ansor dan Banser Kabupaten Sanggau lainnya.

Setelah melalui proses musyawarah dan mufakat antara para Ketua GP Ansor tingkat kecamatan dan Ketua Demisioner PC GP Ansor Kabupaten Sanggau, Hamka Surkati, akhirnya disepakati Amin Sukur, terpilih sebagai Ketua PC GP Ansor Kabupaten Sanggau periode 2019 – 2024.

“Innalillahi wa inna ilaihi roji’un,” kata Amin Sukur saat memberikan sambutan usai dipilih sebagai ketua GP Ansor Sanggau.

Amin menyebut, mulanya tidak ingin mencalonkan dan dicalonkan sebagai Ketua PC GP Ansor. Hal itu dimaksudkan agar kader-kader GP Ansor lainnya bisa maju dan mengembangkan GP Ansor ke depannya lebih baik.

“Maka saya datang hari ini santai – santai saja dan tidak menggunakan baju seragam, tapi karena ini keputusan hasil musyawarah maka saya taati,” ujar Amin.

Amin menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.

“Karena kepercayaan ini memiliki resiko dan tanggungjawab yang sangat besar maka sistem kerja kita adalah kolektif kolegial,” pungkasnya.

BACA: Hutan Adat Bengkayang Juara Nasional Pengelolaan Perhutanan Sosial

BACA: 1 Tahun Kalimantan Today

Sementara itu, Ketua PC GP periode 2015-2019 Ansor Hamka Surkati menyampaikan, selama kepemimpinannya GP Ansor sudah melaksanakan beberapa kegiatan diklatsar hingga yang keenam kalinya dan juga susbalan.

“Susbalan pertama dilaksanakan di Kabupateb Mempawah dan ke dua di Kabupaten Sanggau. Jadi di Kalbar ini baru dua Kabupaten yang melaksanakan Susbalan. Kemudian Diklatsus Banser tanggap bencana (Bagana), Banser relawan lalu lintas (Balantas), protokoler dan provos,” terangnya.

Hamka mengaku bersyukur, selama kepemimpinannya, GP Ansor sudah memiliki aset berupa sebidang tanah ukuran 5 x 30 meter persegi yang berlokasi di kompleks Sabang Merah.
“Tugas kita kedepan semakin berat, terutama dalam mengawal keutuhan NKRI yang saat ini sedang mengalami tantangan yang cukup berat terutama dari sekelompok orang yang ingin memecah-belah kita sesama anak bangsa,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Nurdin menyampaikan ucapan terimakasih atas kerja keras GP Ansor sebelumnya dibawah kepemimpinan Hamka Surkati yang telah bekerja sangat baik dalam memajukan Ansor.

“Di GP Ansor itu diwajibkan maksimal dua kali melaksanakan kaderisasi ditingkat Kabupaten, tapi Ansor Sanggau mampu melaksanakan sampai enam kali. Ini tentu prestasi yang luar biasa yang sangat kami apresiasi,” kata Nurdin sapaan akrabnya.

Nurdin berharap, setelah terpilihnya kepengurusan GP Ansor yang baru, proses kaderisasi tetap berjalan, bahkan lebih baik lagi.
“Kalau diperiode sahabat Hamka mampu enam kali, maka diperiode sahabat Amin Sukur bisa 10 kali. Karena dipimpinan pusat sekarang sudah ada gred – gred disetiap pimpinan cabang mana yang terbaik, baik dari segi jumlah, dari segi kegiatan dan sebagainya nanti akan ketahuan gradenya Kabupateb Sanggau berada dimana,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Nurdin mengingatkan kepada kaum Nahdliyin khususnya di Kabupaten Sanggau untuk mewaspadai sekelompok orang yang ingin memecah-belah Nahdliyin. Mereka bisa masuk ke jajaran kepengurusan NU maupun badan otonom (Banom). Mereka masuk dengan tujuan merusak NU dari dalam.

“Saya ingatkan, kalau ada kader atau pengurus GP Ansor Kabupaten Sanggau yang melenceng dari ajaran para Kyai NU, apalagi memiliki paham yang merusak NKRI dengan paham menyesatkan saya pastikan akan bertindak tegas, mengundurkan diri atau saya pecat,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Sanggau, H. Toyib Saefudin Al Ayubi dalam sambutannya menyambut baik proses konfercab yang telah berjalan sangat baik dengan mengedepankan musyawarah mufakat.

“Di NU itu ya seperti ini, tidak boleh sikut-sikutan. Apalagi saling menjelekkan antara calon dengan calon lainnya dan para pendukung. Itu bukan akhlaknya NU,” katanya. (Ram)

Tentang REDAKSI

Cek Juga

Hadapi Pilkada, PSI Siap Bangun Komunikasi Dengan Parpol

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Jelang Pilkada tahun 2020 di kabupaten Bengkayang, Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *