Jumat , 13 Desember 2019
Home / BENGKAYANG / Terus Melonjak, Pendaftar CPNS di Bengkayang Sentuh 2000 Orang

Terus Melonjak, Pendaftar CPNS di Bengkayang Sentuh 2000 Orang

bd714ebe-312a-42d3-b4c8-b4e181dcfe16

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Memasuki hari ke sembilan seleksi CPNS tahun 2019 di kabupaten Bengkayang sudah mencapai 2000 lebih pelamar, dan yang sudah terverifikasi berkas baru mencapai 300 lebih pelamar. Jumlah tersebut akan terus mengalami peningkatan spai pada penutupan. Pelamar terbanyak pada formasi guru, dan kesehatan.

IPK untuk lokal atau dalam daerah itu IPK nya minimal 2,0. Dan untuk yang dari luar 3,0

Kepala BKDPSDM Kabupaten Bengkayang, Geraldus menyatakan, jumlah pelamar CPNS online hingga hari ke sembilan sudah hampir mencapai 2000 lebih. Pelamar tahun 2019 ini tergolong banyak, karena formasi yang diterima juga banyak.

“Sampai hari ini sudah sekitar 300 pelamar yang sudah terverifikasi. Untuk pelamar terbanyak di pendidikan, Guru karena formasinya juga banyak, dan kedua kesehatan,” ujar Geraldus Rabu (20/11).

Geraldus berharap, pendaftaran secara online ada penambahan waktu karena peraturan yang ada pembukaan pendaftaran online sampai pada tanggal 24 November 2019. “Semoga ada perpanjangan waktu, yang jelas kita tetap berpatokan pada instruksi awal dari Pempus. Selanjutnya tanggal 25 November kelanjutan pemeriksaan berkas, setelah itu nanti tahapan di tahun 2019 sampai pada pengumuman seleksi administrasi sekitar bukan Desember,” ujarnya.
Lanjut Geraldus, ada beberapa pelamar dari luar Kabupaten Bengkayang bahkan luar Kalbar. Namun, ada beberapa yang masih mengurus NIK KTP dan KK di Capil. Untuk pelamar dari luar proses pendaftaran sama, hanya yang membedakan terletak pada IPK.

“IPK untuk lokal atau dalam daerah itu IPK nya minimal 2,0. Dan untuk yang dari luar 3,0,” ucapnya.

Terkait dengan jumlah formasi yang ada tahun 2019, Geraldus menilai masih belum mencukupi kebutuhan yang ada, namun jika dibandingkan dengan jumlah pensiun tahun ini sudah mencukupi. Ia juga menyatakan, jumlah pensiun terbanyak setiap tahunnya adalah guru.

BACA: Bupati Landak Terima DIPA Untuk Tahun 2020

BACA: Lamar CASN, Jangan Percaya dengan Istilah “Ada Orang Dalam”

Kata Geraldus, formasi CPNS selalu menjadi populer setiap tahunnya. Hal tersebut terbukti dari data tahun sebelumnya Bengkayang yang hanya mendapatkan 74 formasi namum yang datang mendaftar hampir mencapai tiga ribu.

“CPNS ini selalu menjadi populer disegala bidang pekerjaan,” tambahnya.

Geraldus turut menyampaikan agar masyarakat ataupun pelamar untuk tidak percaya jika ada oknum yang mengatasnamakan penyelenggaraan yang dapat meloloskan. Seleksi CPNS ini hasilnya nanti juga berdasarkan kemampuan peserta dalam bersaing. “Jadi istilahnya nasib mu ditentukan oleh kemampuan mu. Jadi tidak ada hal-hal yang bersifat lain. Jika memang ada pihak-pihak tertentu yang menawarkan jasa jangan dipercaya, itu pesan saya. Karena memang hasil itu dari diri sendiri, saat tes hasilnya juga bisa langsung dilihat, kita tayangkan secara transparan jadi setiap orang bisa melihat. Tidak ada istilah neko-neko terkait penetapan kelolosan CPNS,” pungkasnya.

Geraldus berpesan kepada peserta seleksi CPNS untuk banyak membaca, menimba ilmu pengetahuan umum, “dan nasib mu di tentukan oleh kemampuan mu,” tutupnya.
Salah satu pelamar dari Suti Semarang, Yuliana yang juga merupakan seorang guru honorer di SMA 1 Suti Semarang berharap tahun ini keberuntungan berpihak pada dirinya. Saat ini dirinya tengah berjuang agar bisa menjadi PNS.

“Semoga tahun ini bisa lulus tes, karena beberapa kali ikut gagal terus,” ujarnya. (Titi).

Tentang REDAKSI

Cek Juga

Pohon Natal dengan ketinggian 13 meter di Pasar Menjalin

Keren, Pohon Natal di Pasar Menjalin Ini Terbuat Dari 2000 Botol Bekas

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Kemeriahan menyambut Natal di pasar Menjalin terasa berbeda tahun ini. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *