Sabtu , 27 April 2024
Home / BENGKAYANG / Uskup Agung Pontianak Hadiri Pembukaan Pesparani Ke-I Kabupaten Bengkayang

Uskup Agung Pontianak Hadiri Pembukaan Pesparani Ke-I Kabupaten Bengkayang

10b11e26-cbe0-4e6f-a30f-5d6f8c5eb46b

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Ratusan Peserta Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Ke-I memadati halaman Aula Paroki ST.Pius X Bengkayang, Selasa (19/11) pukul 13.00.

Pesparani tingkat kabupaten Bengkayang ini melibatkan 16 Kecamatan dengan jumlah peserta sebanyak 934 orang

Kehadiran Peserta Pesparani ini dalam rangka mengikuti acara Karnaval sebagai awal acara dari serangkaian kegiatan yang sudah ditentukan Panitia dan diikuti oleh 16 kontingen dari 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkayang, dan juga para peserta dari SD, SMP, SMA dan SMK yang ada di Kecamatan Bengkayang.

Acara Karnaval dimeriahkan oleh drummer SMA Borneo, SMPN 1 Bengkayang, serta peserta menggunakan baju khas Dayak.

Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus,Pr mengatakan dengan adanya acara Pesparani yang pertama kali di selenggarakan di Kabupaten Bengkayang, ia berharap semua berjalan dengan naik dan lancar serta mendapat restu dari Tuhan Yang Maha Esa.

Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus,Pr menyatakan, melalui Pesparani ini damai menciptakan perdamaian dan hubungan yang baik satu sama lain. Selain itu, momentum ini ditunjukkan untuk menyatakan kemuliaan bagj Tuhan.

“Hal ini dapat di tunjukkan dan mau mengatakan kepada dunia bahwa dengan acara Pesparani lagu lagu rohani kita dapat menyatakan perdamaian , hubungan yang baik satu dengan yang lain yang dibutuhkan oleh bangsa dan negara,” ujar Uskup Agung Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus,Pr .

PLT Bupati Bengkayang Agustinus Naon dalan kesempatan itu mengajak Umat Katolik di Kabupaten Bengkayang mensukseskan acara Pesparani Ke- I yang diikuti oleh 16 Kecamatan dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkayang.

“Dengan kegiatan Pesparani ini bagaimana kita melaksanakan acara semeriah mungkin karena baru diselenggarakan pertama kali dan telah diikuti oleh 16 kecamatan. Semoga dengan acara ini kita semakin saling menjaga melindungi, menghormati dan mencintai sesama,” ucap Naon.

Selain itu, Ketua Panitia Johanes Antonius Dopong, kegiatan akan berlangsung selama empat hari, mulai dari pembukaan tanggal 19 sampai pada tanggal 22 November 2019.

“Hari ini adalah pembukaan acara Pesparani Ke- I Kabupaten Bengkayang yang berlangsung pada 19-22 November 2019, dan ini untuk pertama kalinya di gelar acara Pesparani,” kata Ketua Panitia , Selasa (19/11).

Pesta paduan suara Pesparani tingkat Kabupaten Bengkayang tahun 2019 akan digelar berlangsung selama empat (4) hari mulai hari ini 19 sampai 22 November 2019, yang mana seluruh acara dipusatkan di Ramin Bantang Bengkayang.

Selain perlombaan paduan suara yang pesertanya berasal dari 16 Kecamatan Se Kabupaten Bengkayang, Panitia juga dalam kesempatan ini menggelar kegiatan promosi produk lokal melalui Pesparani hal ini dimaksudkan untuk memperkenalkan produk lokal agar dapat menarik minat pasar sebagai peluang usaha.

“Pesparani tingkat kabupaten Bengkayang ini melibatkan 16 Kecamatan dengan jumlah peserta sebanyak 934 orang,” jelas Mantan Anggota DPRD Provinsi Kalbar 2014-2019 ini.

Lanjut Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bengkayang ini, sesuai jadwal selama empat hari peserta akan mengikuti beberapa perlombaan, mulai lomba paduan suara dewasa, lomba paduan suara anak-anak, lomba bertutur Kitab Suci hingga lomba cerdas-cermat rohani.

Tidak hanya fokus pada satu kegiatan, acara ini juga menjadi ajang promosi produk lokal khususnya bagi pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) dan Ekonomi Kreatif.

“Dan untuk mempromosikan produk lokal sedikitnya ada 20 stand yang sudah disiapkan untuk pelaku UMKM dam 20 stand pameran yang dikhususkan bagi peserta Pesparani dari setiap Kecamatan,” ucapnya.

Yohanes A.Dopong menambahkan Pesparani dilaksanakan oleh Kelembagaan Pemerintah Tingkat Kabupaten todak hanya melibatlan Umat Nasrani atau Katolik saja, namun juga melibatkan umat Muslim Bengkayang.

BUKA: Resmikan Tugu Latsitardanus XII Tahun 1988, Ini Harapan Karolin

Dalam Pesparani ini, diharapkan Umat Katolik dapat menunjukkan eksistensi dan membangun kebersamaan serta membangun persaudaraan sejati sesuai dengan tema Pesparani tahun 2019.

Hadir dalam kegiatan Pesparani Ke-I Kabupaten Bengkayang, Uskup Agung Pontianak Mgr.Agustinus Agus,PR, PLT Bupati Bengkayang Agustinus Naon,S.Sos,Ketua DPRD Fransiskus,M.Pd, Pastor Kepala Paroki ST.Pius X Bengkayang RD Yulius Endi Subandi,Pr, Ketua Panitia Pesparani Ke-I Johanes Antonius Dopong, Parah Pastor, Suster, Ketua Lingkungan dan Peserta Kontingen Pesparani 16 Kecamatan berjumlah 934 orang. (Titi)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Kejari Sanggau Siap Kawal dan Amankan Proyek Strategis Daerah 2024

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau selaku aparat penegak hukum siap mengawal dan mengamankan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *