Sabtu , 20 April 2024
Home / LANDAK / DPPKP Landak Terus Tingkatkan Peran Penyuluh Dalam Pembangunan Pertanian

DPPKP Landak Terus Tingkatkan Peran Penyuluh Dalam Pembangunan Pertanian

732D1985-CF74-41D3-9ABC-CA3297141FC8

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) gelar Temu Teknis Penyuluh – Penyuluh Pertanian Kabupaten Landak Tahun 2019, diaula Paroki Darit Kecamatan Menyuke, Kamis (7/11/2019).

Kegiatan ini dibuka oleh Sekertaris Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) yang mewakili Bupati Landak Karolin Margret Natasa dan dihadiri oleh Camat Menyuke, Forkopicam, Kepala Badan Penyuluh Pertanian Kecamatan (BP2K) se-Kabupaten Landak beserta penyuluhnya.

Narasumber kegiatan ini adalah Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DPPKP Kabupaten Landak, Kepala Bidang Penyuluh Provinsi Kalimantan Barat dan Ketua Perhimpunan penyuluh pertanian Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam sambutan Bupati Landak Karolin Margret Natasa yang di sampaikan oleh Sekdis DPPKP Kabupaten Landak Eperapat, SP menyampaikan bahwa penyuluh merupakan bagian dari sistem pembangunan pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan yang mempunyai kedudukan strategis dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Melalui kegiatan penyuluhan dikembangkan kemampuan dan kemandirian petani beserta keluarganya agar mampu mengelola usaha taninya secara produktif, efektif dan efisien sehingga mempunyai daya saing tinggi yang dicirikan dengan tingginya produktivitas mutu dan peran strategis penyuluh pertanian dalam pembangunan pertanian untuk memacu akselerasi pembangunan masyarakat tani yang lebih baik menuju terwujudnya Kabupaten Landak Mandiri, Maju dan Sejahtera,” Ujar Eperapat saat membacakan sambutan Bupati Landak.

Sekdis DPPKP Kabupaten Landak juga menyampaikan temu teknis penyuluh pertanian ini bukan hanya sekedar pertemuan silahturahmi saja, tetapi untuk mendapatkan informasi tentang program dan perkembangan teknologi pertanian yang berdaya saing serta diharapkan mampu memotivasi penyuluh pertanian untuk berinovasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Landak khususnya Pertanian.

“Mari kita terus tingkatkan produktivitas pertanian daerah kita dan penyuluh pertanian adalah pendamping dan sahabat petani, selalu menjadi pundak bagi para petani dalam menyelesaikan masalah dilapangan, harus tetap menjadi ujung tombak pertanian, harus selalu memastikan ketersediaan dan produksi beras masyarakat, maju mundurnya pertanian di Kabupaten Landak tergantung dari penyuluh itu sendiri, oleh karena itu harus serius dan giat,” Ujar Eperapat saat membacakan sambutan Bupati Landak.

Sementara itu, Kasi Penyuluh Pertanian DPPKP Kabupaten Landak Benediktus Beny Selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa keberhasilan pembangunan pertanian bukan hanya di tentukan oleh kondisi sumber daya pertanian, akan tetapi juga ditentukan oleh peran penyuluh pertanian yang sangat strategis dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mampu memanfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta teknologi dalam pengelolaan sumber daya pertanian secara berkelanjutan.

“Untuk meningkatkan peran penyuluh pertanian dalam pembangunan pertanian, perlu adanya sinergitas dan penyamaan persepsi terhadap kegiatan-kegiatan penyuluh,” Tutup Beny (Sab).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *