Kamis , 21 November 2019
Home / BENGKAYANG / Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Bengkayang Resmi Dilantik

Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Bengkayang Resmi Dilantik

505BCFC7-6AD5-41F8-8F7C-4C0E23BCF097
KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG-Rapat paripurna Dalam Rangka Pengucapan Sumpah Janji Jabatan Pimpinan DPRD Kabupaten Bengkayang Masa Jabatan 2019-2024, bertempat di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Bengkayang, Selesa (5/10).

Usai di Lantik para pimpinan DPRD berjanji akan merubah pola kerja dan konsisten dengan waktu serta mempertahankan kinerja DPRD yang sudah baik sebelumnya.

Tiga pimpinan DPRD kabupaten Bengkayang ini dilantik dan di ambil sumpah langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Bengkayang dan disaksikan oleh seluruh anggota DPRD, Forkopimda dan tamu undangan.
Pengucapan Sumpah Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Bengkayang hari ini merupakan tindak lanjut dari Keputusan Gubernur Kalbar Nomor 1295/PEM/2019 tanggal 11 Oktober 2019 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkayang periode 2019-2024 yang telah di tetapkan Fransiskus sebagai ketua DPRD Kabupaten, dan Jonedhi dan Esidorus sebagai Wakil Ketua DPRD kabupaten.
Pimpinan DPRD yang telah di Lantik diminta untuk mengembangkan amanat rakyat, melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya serta memahami tugas wewenang dan fungsi sebagai pimpinan.
Gubernur Kalbar sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Ekonomi, Ir. Anna Veridiana Iman Kalis, menyatakan Penyelenggara pemerintah daerah adalah urusan pemerintahan oleh Kepada Daerah dan DPRD dibantu oleh perangkat daerah dalam rangka untuk melindungi, melayani, memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat.

“Dalam rangka melaksanakan dan mewujudkan hal tersebut, maka kepala Daerah dan DPRD dalam hal ini melalui pimpinan DPRD wajib memiliki hubungan yang bersinergi dan Harmonis. Hubungan kemitraan tersebut antara Kepala Daerah dan DPRD dalam persetujuan bersama pembentukan Perda, penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban, persetujuan kerjasama yang akan dilakukan oleh Pemda, dan lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” ungkapnya.
Selanjutnya, dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dewasa ini, eksistensi dan kinerja DPRD mutlak diperkuat dan diperhitungkan. Mengingat DPRD selain merupakan unsur penyelenggara pemerintahan daerah juga sebagai representasi rakyat daerah.

“Oleh sebab itu DPRD harus dapat memperlihatkan kinerja yang optimal dalam melaksanakan fungsi, tugas dan wewenangnya. Saya berharap bahwa dalam semangat kemitraan yang produktif, Kepala Daerah kabupaten Bengkayang dan DPRD bergerak dalam suatu dinamika yang konstruktif dan bermuara pada terciptanya kemajuan serta kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Bengkayang,” harap Ir. Anna Veridiana Iman Kalis.

Lanjut Ir. Anna Veridiana Iman Kalis, setiap pekerjaan dan jabatan yang di embankan sesungguhnya merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, dan berdasarkan pada profesionalitas serta Proporsionalitas.
Ketua DPRD kabupaten Bengkayang Fransiskus berjanji akan siap mengemban tugas sebagai pimpinan dengan baik sesuai dengan sumpah dan janji yang telah di ucapkan. Dirinya akan siap membangun sinergitas bersama Pemkab Bengkayang dalam berbagai bentuk pelaksanaan pembangunan daerah disegala bidang sesuai aturan tugas maupun topoksi.
Sah menjadi Ketua DPRD Fransiskus akan segara menyurati Ketua Fraksi untuk mengirimkan nama anggota fraksi untuk alat kelengkapan DPRD. Selain itu, akan segera melakukan rapat-rapat internal dan konsultasi lainnya.
“Saya sebagai Ketua DPRD berharap pada kawan-kawan DPRD, kita adalah wakil rakyat kabupaten Bengkayang. Kita coba tunjukkan kinerja kita, kita akan perjuangkan aspirasi masyarakat sesuai dengan sumpah janji jabatan. Selama lima tahun ini kita gunakan fungsi sebagai wakil rakyat dengan baik,” ujarnya.

Fransiskus juga mengatakan, terkait dengan beberapa Raperda yang belum selesai di bahas pada periode sebelumnya akan ditindaklanjuti, dan melihat proses apakah perlu dilanjutkan atau tidak.
Hal yang sama juga disampaikan, Wakil Ketua DPRD kabupaten Bengkayang Esidorus berjanji, legislatif siap menjadi kontrol pemerintah demi mewujudkan kesejahteraan seluruh masyarakat. Kerena menurutnya, legislatif ini adalah tumpuan harapan masyarakat yang berfungsi sebagai kontrol sekaligus sebagai penyampai aspirasi di parlemen.
Esidorus juga mengajak eksekutif sebagai penyelenggara pemerintahan yang sekaligus mintra legislatif untuk menjaga hubungan harmonis, dan kerjasama positif untuk terus membenahi pembangunan yang ada di kabupaten Bengkayang yang lebih baik.

“Kedua lembaga ini tidak bisa dipisahkan yerutam dalam fungsi seperti budzeting, membuat peraturan daerah dan sebagainya. Kedepannya kita harus lebih meningkatkan sehingga DPRD sebagai lembaga bisa mewujudkan aspirasi masyarakat. Kita juga berharap pimpinan baru DPRD kedeoan pembangunan daerah Bengkayang terwujud secara merata,” tegasnya.
Dukung Kegiatan Positif Anak Muda
Ketua III Persatuan Pemuda Dayak Kabupaten Bengkayang Albert Pandur Sae Pudaba berharap kepada pimpinan DPRD yang sudah dilantik untuk bisa memperhatikan karya anak muda di kabupaten Bengkayang. Tidak hanya itu, Pandur juga minta agar pemuda dijaikan mitra dalam pengawasan maupun bentuk kontrol.
“Harapan dari saya sebagai pemuda khususnya kepada unsur Pimpinan definitif DPRD kabupaten Bengkayang, untuk memperhatikan keaktifan anak muda melalui karya yang mereka lakukan. Mensuport kegiatan positif anak muda, dan menjadikan anak muda sebagai mitra kerja dalam pengawasan maupun bentuk kontrol,” ujar Pandur.

Harapan lainnya, OKP yang ada di Kabupaten Bengkayang khususnya kepemudaan lebih lagi di perhatikan, agar anak-anak muda di Bengkayang dapat berkarya lebih lagi. Misalnya dalam menganggarkan dana lebih bagi OKP yang aktif selama ini di lingkup Kabupaten Bengkayang. (Titi)

Tentang REDAKSI

Cek Juga

Ilustrasi/net

Lamar CASN, Jangan Percaya dengan Istilah “Ada Orang Dalam”

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK–Antusias masyarakat untuk melamar untuk menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), seringkali dimanfaatkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *