Minggu , 17 November 2019
Home / BENGKAYANG / BPD Launching Layanan Pembayaran PBB Online

BPD Launching Layanan Pembayaran PBB Online

F44808C9-D6BC-4AEB-8155-B9FACDD4AB9A

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Bank Pembangunan Daerah Kalbar melakukan Sosialisasi sekaligus launching online payment PBB-P2 di Kabupaten Bengkayang tahun 2019. Launching layanan pembayaran PBB online ini kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bengkayang, Selasa (15/10) di Kantor Bank Kalbar Bengkayang.
Plh. Bupati Bengkayang Agustinus Naon berharap dengan telah di launching nya layanan pembayaran PBB online dapat memudahkan masyarakat dan tentu hal tersebut merupakan terobosan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
“Hakekat pelayanan publik adalah bagaimana kita memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Sehingga masyarakat dapat menikmati pelayanan kita secara mudah, cepat dan dekat. Untuk mencapai tujuan tersebut kita butuh sinergi, kemudahan akses, transparansi dan dapat mengedukasi paradigma yang tidak baik menjadi baik, dan pada akhirnya menumt kepercayaan masyarakat pada kita,” ungkap Agustinus Naon.

Lebih jauh kat Naon, sistem pembayaran online tersebut akan memudahkan masyarakat dalam membayar pajak. Ia mengatakan ada 70.000 wajib pajak Bumi dan Bangunan. Dan jika semua itu dapat terlayani dengan baik melalui sistem pembayaran online maka tentu berdampak pada peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dan kualitas pelayanan perpajakan.
“Terlaksananya pelayanan pelayanan PBB-P2 di Bengkayang dengan baik tentu saja teelei pada kemampuan kita untuk majukan inovasi dan reformasi pelayanan. Pelaksanaan kegiatan pembayaran pajak secara online juga merupakan implementasi dari surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor 910/1867/SJ dan Surat Edaran Bupati Bengkayang nomor 900/220/BPKAD.D tentang implementasi transaksi non tunai pada pemerintah daerah yang ditunjukkan dengan perjanjian kerjasama antara Pemkab dan Bank Pembangunan Daerah Kalbar,” jelas Naon.
Naon berharap kedepan, bukan hanya PBB-P2 yang memiliki sistem layanan online tapi juga diikuti oleh pajak-pajak lainnya. Serta peningkatan pelayanan perpajakan kepada masyarakat juga di dukung dengan infrastruktur yang baik. Seperti dengan membangun loket-loket pelayanan yang nyaman dan indah, terutama pada instansi yang berhadapan langsung dengan pelayanan publik.
Kepala Bidang Penempatan Dana Divisi Treasury Bank Pembangunan Daerah Dodi Kurniawan menyatakan, acara launching tersebut adalah momentum atas implementasi perjanjian kerja sama Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan yang telah berjalan dari tahun 2017.
“Sebagai bentuk pelayanan kepada wajib pajak, Bank Pembangunan Daerah bekerjasama dengan Pemkab Bengkayang akan mensukseskan program pemerintah sehingga kedepannya pembayaran PBB akan mudah dan efisien. Sain itu juga kerjasama kita dengan Pemkab Bengkayang juga implementasi dari Gerakan Nasional Non Tunai yang berbasis Cashless,” ujarnya.
Dodi Kurniawan berharap, dari pelaksanaan launching PBB online ini akan menambah PAD kabupaten Bengkayang. Kemudian juga diharapkan kabupaten lain di Kalbar segera melaksanakan Launching PBB online sehingga dapat mengoptimalkan pendapatan daerah.

“Semoga kerjasama ini terus terjalin hingga masa akan datang,” tutupnya. (Titi)

Tentang REDAKSI

Cek Juga

Audiens Dialog Kebangsaan di Konferensi dan Teater Untan Pontianak Jumat (15/11/2019)

Bela Negara Bukan Militerisasi

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK–Apabila berbicara tentang bela negara, kesan yang pertama muncul di tengah-tengah masyarakat sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *