Minggu , 17 November 2019
Home / BENGKAYANG / Ini Nama 50 Desa di Bengkayang Yang Laksanakan Pilkades Serentak

Ini Nama 50 Desa di Bengkayang Yang Laksanakan Pilkades Serentak

Dodorikus
Dodorikus

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Sebanyak 50 desa se kabupaten Bengkayang akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilakades) serentak pada 19 Desember 2019 mendatang.

Pilkades yang dilaksanakan tahun 2019 mencakup 14 Kecamatan dari 17 Kecamatan yang ada di kabupaten Bengkayang.

Pelaksana Tugas atau Plt. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa dan Daerah Tertinggal (DPMPD2T) Dodorikus mengatakan pada Pilkades tahun 2019, di Kabupaten Bengkayang ada 50 desa yang melaksanakan pilkades serentak tersebar di 14 kecamatan.

Dari sejumlah 17 kecamatan se kabupaten Bengkayang ada 14 kecamatan yang desanya melaksanakan pilkades yakni; Kecamatan Sungai Raya, Samalantan, Bengkayang, Seluas,Sanggau Ledo, Monterado, Teriak, Suti Semarang, Capkala, Lumar, Sungai Betung, Sungai Raya Kepulauan, Lembah Bawang dan Tujuh Belas , sedangkan sisanya terdapat 3 Kecamatan tidak laksanakan Pilkades serentak yakni Kecamatan Jagoi Babang, Siding dan Ledo.

“Saat ini tahapan Pilkades serentak sudah masuk Pada tahapan pencalonan dan penutupan pendaftaran calon kades terakhir pada 8 Oktober 2019,” jelas Dodorikus yang sudah menjabat Pelaksana Tugas atau PLT Dinas dan atau Badan selama 10 tahun, Jumat (11/10).

Sementara ini, terang Dodorikus desa terbanyak peminat yang mendaftar kepala desa terdapat di desa Setia Jaya, kecamatan Teriak dimana calon yang daftar sebanyak 14 (empat belas) orang calon dan sejauh ini untuk desa lainnya yang paling sedikit diatas dua orang calon kepala desa.

“Dari seluruh calon kades yang mendaftar ini nantinya akan ditetapkan paling banyak 5 orang calon kepala desa untuk setiap desa,Dl dan sampai hari ini, belum ada informasi yang kami peroleh dari Desa yang calonnya tunggal, atau kurang dari dua calon sebab jika terdapat calon kurang dari dua orang calon kades, maka perlu dilakukan pengumuman pencalonan kembali karena tidak boleh calon tunggal,” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa untuk calon kades yang melebihi lima calon maka untuk mendapatkan lima calon dilakukan tes secara tertulis untuk menjaring lima nama yang akan ditetapkan sebagai calon adalah lim orang dengan nilai tertinggi atau masuk dalam rangking lima besar.

“Untuk tes tertulis rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 15 November 2019. Hingga pada tahapan hari ini tidak terdapat kendala yang ada, baik menyangkut calon kepala desa yang mendaftar maupun proses tahapannya, saat ini semua berjalan lancar,” kata Dodorikus.

Lanjut Dodorikus, di Pilkades tahun 2019 minat masyarakat untuk daftar mencalonkan diri sebagai kades tergolong tinggi pastisipasinya.

“kami berharap hingga pemilihan nanti, proses berjalan dengan lancar, tertib dan aman, maka kami minta masyarakat yang desanya laksanakan pilkades Ikut berpartisipasi terutama yang memiliki hak memilih pada pikades mendatang. Dan bagi calon kades juga harus siap menerima kekalahan dan jika menang Juga jangan melakukan eforia berlebihan,tutupnya. (Titi).

BERIKUT NAMA 50 DESA YANG LAKSANAKAN PILAKDES SERENTAK TAHUN 2019 YANG TERSEBAR DI 14 KECAMATAN:

1.Kecamatan Sungai Raya,
Desa Sungai Jaga B
2.Kecamatan Samalantan,
Desa Samalantan,
Desa Saba’u,
Desa Babane,
Desa Pasti Jaya,
Desa Bukit Serayan,
Desa Marunsu

3.Kecamatan Bengkayang,
Desa Bani Amas,
Desa Tirta Kencana,
Desa Setia Budi

4.Kecamatan Seluas,
Desa Mayak

5.Kecamatan Sanggau Ledo,
Desa Lembang ,
Desa Gua,
Desa Bange,
Desa Danti
Desa Sango

6.Kecamatan Monterado,
Desa Nek Ginap,
Desa Gerantung,
Desa Sendoreng,
Desa Rantau,
Desa Mekar Baru,
Desa Monterado
Desa Serindu

7.Kecamatan Teriak,
Desa Dharma Bakti,
Desa Setia Jaya,
Desa Bangun Sari
Desa Temia Sio

8.Kecamatan Suti Semarang,
Desa Nangka,
Desa Kiung,
Desa Kelayu,
Desa Cempaka Putih,
Desa Suti Semarang
Desa Tapen

9.Kecamatan Capkala,
Desa Capkala
Desa Mandor

10.Kecamatan Lumar,
Desa Tiga Berkat
Desa Lamolda

11.Kecamatan Sungai Betung,
Desa Cipta Karya,
Desa Suka Bangun,
Desa Karya Bhakti
Desa Suka Maju

12.Kecamatan Sungai Raya Kepulauan,
Desa Karimunting,
Desa Rukma Jaya,
Desa Sungai Raya
Desa Pulau Lemukutan

13.Kecamatan Lembah Bawang,
Desa Papan Uduk

14.Kecamatan Tujuh Belas,
Desa Bengkilu,
Desa Pisak ,
Desa Kamuh
Desa Sinar Tebudak

Tentang REDAKSI

Cek Juga

Audiens Dialog Kebangsaan di Konferensi dan Teater Untan Pontianak Jumat (15/11/2019)

Bela Negara Bukan Militerisasi

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK–Apabila berbicara tentang bela negara, kesan yang pertama muncul di tengah-tengah masyarakat sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *