Kamis , 25 April 2024
Home / NEWS / PCNU Sanggau Gelar Pelatihan Khatib, Ini Materi yang Diberikan

PCNU Sanggau Gelar Pelatihan Khatib, Ini Materi yang Diberikan

Foto--Kepala.Kantor Kementerian Agama Drs. H. M. Taufik menyampaikan sambutannya pada acara pelatihan khatib se Kabupaten Sanggau, Jumat (4/10).
Foto–Kepala.Kantor Kementerian Agama Drs. H. M. Taufik menyampaikan sambutannya pada acara pelatihan khatib se Kabupaten Sanggau, Jumat (4/10).

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sanggau, M. Taufik membuka secara resmi pelatihan khatib se-Kabupaten Sanggau di gedung PCNU Kabupaten Sanggau, Jumat (4/10). Sebanyak 30 peserta dari berbagai kecamatan ikut dalam pelatihan tersebut.

Hadir pula dalam kegiatan itu, Ketua PCNU Sanggau, Toyib SA, Ketua BAZNAS Sanggau Sjamsul Chaidir, pimpinan Badan Otonom (Banom) NU Sanggau, pengurus masjid dan surau di Kota Sanggau, para tokoh Islam di Sanggau dan puluhan peserta pelatihan khatib. Acara dijadwalkan berlangsung selama dua hari, 4-5 Oktober 2019 yang dipusatkan di aula BAZNAS Sanggau.

Ketua panitia kegiatan yang juga Sekretaris PCNU Sanggau, Drs. H. M. Yusuf dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perubahan sikap para khatib sehingga mampu membentuk khatib yang baik dan memahani rukun-rukun khatib.

Untuk pelatihan khatib, kata Yusuf, panitia membagi empat materi yakni: kebijakan pemerintah tentang ormas-ormas Islam dan kebijakan lain, fikih khotbah, media sosial dakwah dan aswaja nahdliyah NU.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sanggau, M. Taufik dalam sambutannya mengapresiasi pelatihan khatib yang digagas PCNU Kabupaten Sanggau. Melalui pelatihan khatib ini diharapkan lahir khatib-khatib yang berilmu dan memahami rukun-rukun khatib sehingga mampu meningkatkan ibadah sahalat jumat.

“Ketika nanti di masyarakat mereka ini sudah siap. Misalnya ada khatib utamanya berhalangan, khatib cadangan bisa maju menggantikan,” kata Taufik.

Taufik menyebut, kedepan, calon-calon khatib ini memang perlu disiapkan secara matang agar mampu menyampaikan pesan-pesan iman dan takwa dan juga pesan-pesan kebaikan kepada umat.

“Khatib harus mampu menyampaikan pesan-pesan Islam sebagai agama yang rahmatallil’alamin kepada umat Islam untuk menjaga kerukunan antar umat beragama,” pesannya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Hadiri Panen Perdana PSR

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Sanggau, Suherman menghadiri panen perdana Program Sawit Rakyat (PSR) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *